Lifestyle
Dec29

Kelebihan dan Kekurangan Memasang Lantai Marmer

Di Indonesia, lantai marmer merupakan salah satu ragam lantai yang cukup digemari. Biasanya, lantai ini diaplikasikan pada rumah tinggal yang bergaya mewah. Lantai marmer terlihat sangat anggun dan glamor saat diterapkan pada interior, sehingga cocok digunakan bila anda ingin mengangkat nilai rumah secara drastis.

kelebihan-kekurangan-lantai-marmer.jpg

Adapun kelebihan lantai marmer adalah sebagai berikut :

1. Tidak Mudah Tergores

Keunggulan pertama dari lantai marmer adalah sifatnya yang lebih tahan terhadap goresan. Lantai ini tidak mudah tergores, bahkan saat hewan peliharaan anda berjalan hilir mudik dan bermain-main di dalam rumah. Anda tidak perlu khawatir pesona lantai bakal rusak sebab marmer termasuk bahan lantai yang sangat tangguh.

2. Tidak Mudah Menghantar Panas

Kelebihan lainnya, lantai marmer termasuk konduktor yang buruk. Rumah akan terasa lebih dingin dan sejuk ketika anda mengaplikasikannya di dalam ruangan. Hal ini tentu menjadi keunggulan tersendiri, apalagi kita tinggal di Indonesia yang notabene berudara panas.

3. Lebih Tahan Lama

Karena strukturnya yang kokoh, pada dasarnya lantai marmer bersifat awet. Lantai ini lebih kuat jika dibandingkan dengan keramik lantai. Tentu hal ini juga berdampak pada biaya perawatan yang lebih sedikit.

4. Tersedia dalam Beragam Pilihan

Lantai marmer juga memiliki varian gaya yang cukup banyak. Anda bisa menemukan lantai yang paling mahal sampai berharga murah sekalipun. Hal ini tentu dapat memudahkan anda dalam menemukan lantai yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran.

5. Mudah Dirawat

Kelebihan lain dari lantai marmer yang tak boleh dilupakan adalah lantai ini mudah dirawat. Bahkan saat mengepelnya, anda bisa menggunakan sabun deterjen tanpa khawatir dapat merusak permukaan lantai. Sedangkan untuk menghilangkan noda membandel, anda cukup mengelapnya memakai bantuan tisu basah.

Sedangkan, kekurangan dari lantai marmer antara lain :

1. Harganya Relatif Mahal

Meskipun lantai marmer memiliki rentang harga yang variatif, namun untuk marmer dengan kualitas standar, harganya sudah terbilang mahal. Terlebih jika anda memilih lantai marmer yang berkualitas terbaik, harga belinya pun menjadi lebih mahal. Begitupu juga ketika anda menginginkan lantai marmer dengan bentuk dan desain khusus, kocek yang harus dikeluarkan bisa semakin mahal lagi.

2. Relatif Sulit Diperbaiki

Karena lantai marmer memiliki struktur yang kokoh, maka kerusakan yang timbul biasanya berupa kerusakan besar. Itu sebabnya, apabila terjadi suatu masalah pada lantai marmer di rumah anda, anda membutuhkan bantuan tukang berpengalaman untuk memperbaiki dan mengembalikannya ke kondisi semula. Namun anda tidak perlu khawatir, sebab lantai marmer merupakan lantai yang awet dan jarang sekali rusak.

3. Permukaannya Cenderung Licin

Setelah dipoles, permukaan lantai marmer akan bertambah licin. Perlu kehatian-hatian yang tinggi ketika berjalan di atasnya, terutama jika lantai masih dalam kondisi basah. Oleh karena itu, anda tidak direkomendasikan memasang lantai ini jika di rumah terdapat penghuni berusia lanjut.