Lifestyle
Nov29

Kata Siapa Menata Apartemen Studio itu Susah?

Menata apartemen studio membutuhkan berbagai trik agar interiornya nyaman dihuni dan tidak terkesan sempit. Yap, apartemen bertipe studio memang tergolong kecil dengan ukuran antara 18 hingga 21 meter persegi. Di ruangan sekecil ini, nantinya akan dibangun banyak ruangan seperti ruang tamu, kamar tidur, dan kamar mandi layaknya rumah biasa. Meskipun terbilang sangat sempit, tipe apartemen studio sangat direkomendasikan bagi anda yang masih single dan memiliki kesibukan tinggi. Hal ini dikarenakan, dengan spesifikasi seperti ini, penataan apartemen studio jauh lebih mudah, tidak cepat berantakan, gampang dalam pengawasannya, serta biaya perawatannya pun lebih rendah.

Bagaimana agar apartemen bertipe studio tetap memiliki suasana interior yang nyaman dihuni?

partisi-apartemen-studio.jpg

Pembangunan partisi dinding seringkali mengakibatkan ruangan terasa semakin bertambah sempit. Oleh karena itu, untuk apartemen anda, cobalah membangun partisi visual sebagai pembeda tiap-tiap ruangan. Misalnya, perbedaan warna cat dinding akan menegaskan jika interior apartemen anda terdiri dari beberapa ruangan. Anda juga bisa menaruh karpet di ruang tamu sehingga ruangan ini tampak lebih menonjol dibandingkan bidang di sebelahnya.

furnitur-apartemen-studio.jpg

Sebagai pengisi interior apartemen, pemilihan furnitur yang ingin anda gunakan juga harus dilakukan dengan cermat. Pastikan ukuran furnitur tersebut proporsional dengan ukuran ruangan. Pertimbangkanlah menggunakan furnitur berjenis multifungsi agar jumlahnya bisa sedikit ditekan. Lebih baik lagi bila anda tertarik menggunakan furnitur berdesain sederhana sehingga tampilannya terlihat sesuai dengan karakteristik apartemen milik anda.

warna-apartemen-studio.jpg

Supaya apartemen terasa kian lapang, tak ada salahnya anda mewarnai dinding interior dengan warna-warni yang cerah seperti putih, beige, dan krem muda. Buatlah warna lantai, dinding, dan plafon tampak seragam dan seakan mengalir. Jangan lupa tambahkan warna aksen yang ceria seperti ungu, kuning, dan merah agar interior tidak tampak membosankan.

pencahayaan-apartemen-studio.jpg

Paling tepat jika pencahayaan untuk apartemen studio menggunakan teknik pencahayaan yang menyebar. Maksudnya, anda bisa memasang beberapa bohlam lampu sehingga cahaya yang dihasilkan tidak berfokus pada satu titik. Dengan begini, suasana dan desain apartemen pun akan mengalir dan menyebar ke seluruh sudut ruangan.

kaca-apartemen-studio.jpg

Cermin juga berguna sekali untuk menciptakan suasana apartemen sempit yang tetap nyaman. Di sini, cermin mampu memanipulasi luas ruangan sehingga tampak dua kali lipat dari ukuran aslinya. Hanya saja, menempatkan cermin yang berukuran terlalu besar juga tidak bagus karena akan membuat suasana menjadi tertekan. Saran kami, gunakanlah cermin berukuran sedang dan tempatkanlah di posisi menghadap ke ruang gerak yang lega.