Lifestyle
Jan1

Jenis-jenis Mesin Penghancur Batu

Mesin penghancur batu dirancang untuk memecahkan batu berukuran besar menjadi bebatuan kecil, kerikil, atau butiran batu. Mesin ini juga dapat digunakan untuk mengurangi ukuran dan mengubah bentuk suatu barang limbah sehingga lebih mudah didaur ulang dan didistribusikan. Terdapat dua lempeng padat yang berfungsi sebagai penghancur di mana prosesnya dilakukan secara bertahap dari penghancuran pertama hingga berikutnya sampai didapatkan ukuran dan bentuk yang sesuai dengan keinginan. Adapun proses penghancuran ini sendiri biasa disebut dengan istilah crushing.

Di sektor pertambangan, mesin ini biasa digunakan sebagai penghancur barang tambang agar mudah diangkut ke tempat pengolahan. Dengan memanfaatkan crusher primer dan crusher sekunder didapatkan barang tambang yang masih berbentuk kasar. Sedangkan untuk mendapatkan hasil yang lebih halus, diperlukan crusher tertier dan crusher kuarter pada proses berikutnya.

mesin-penghancur-batu.jpg

Setiap jenis mesin penghancur batu memiliki kapasitas kerja untuk menghancurkan bebatuan dengan tingkat kepadatan dan ukuran maksimum tertentu. Hasil penghancuran yang didapat selanjutnya akan dibawa ke mesin screening dan didistribusikan langsung ke tempat pengolahan selanjutnya.

Pada bagian samping mesin crusher juga terdapat mesin rockbreakers. Fungsi dari mesin ini adalah untuk membantu menahan beban supaya proses penghancuran berjalan lancar. Batu yang selesai dihancurkan lantas kemudian dilanjutkan ke SAG mill dan Ball mill. Di sini, bebatuan kecil tadi akan digiling.

Mesin penghancur batu berbentuk portable sering digunakan pada pembuatan jalan raya. Kelebihan mesin ini adalah bisa dipindahkan dengan mudah di mana saja. Batu-batu hasil penghancuran lantas akan dicampurkan langsung dengan beton dan aspal untuk diendapkan pada permukaan jalan. Hal ini menjadikan kelebihan tersendiri pada mesin jenis ini karena tidak diperlukan lagi tenaga untuk mengangkut batu-batu ini dari pengolahan batu ke tempat pembuatan jalan.

Jika dibedakan menurut cara kerjanya ada 8 jenis mesin penghancur batu, antara lain :

  1. Jaw Crusher
  2. Gyratory Crusher
  3. Cone Crusher
  4. Compound Cone Crusher
  5. Symons Cone Crusher
  6. Single Cylinder Hydraulic Cone Crusher
  7. Multi Cylinder Hydraulic Cone Crusher
  8. Impact Crusher

Masing-masing mesin di atas memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Mesin Jaw Crusher adalah jenis mesin penghancur batu yang paling banyak digunakan di Indonesia. Kelebihan dari mesin ini adalah lebih mudah dalam pengoperasiannya dan tidak memerlukan biaya perawatan yang mahal.