Lifestyle
Sep17

Inilah Perbedaan Antara Rumah Cluster dan Town House

perbedaan-rumah-cluster-dan-town-house.jpg

Rumah cluster dan town house merupakan tipe rumah yang kini tengah menjadi tren di Indonesia. Dua konsep perumahan ini laris manis diserbu pembeli. Namun tak jarang, karena konsepnya yang hampir mirip, banyak orang yang kesulitan membedakannya.

Jika anda termasuk salah satunya, tak ada salahnya menyimak ulasan berikut ini :

Perbedaan yang paling menonjol dari rumah cluster dan town house terletak pada keterbatasan unit pada perumahan bertipe town house. Biasanya, pengembang hanya akan membangun 20-100 unit dalam satu perumahan di mana seluruh desain rumah tersebut dibuat sama persis. Hal inilah yang membuat rumah town house bisa disebut sebagai apartemen berbentuk horisontal karena semua unitnya yang sama tadi.

Sedangkan pada perumahan bertipe cluster, pengembang memiliki lahan yang cukup luas. Dalam satu komplek perumahan biasanya dibangun 100-300 unit rumah. Selanjutnya, rumah-rumah ini dibagi ke dalam beberapa kelompok dengan desain yang beragam di mana rumah-rumah dalam satu kelompok memiliki desain yang sama.

Dari segi fasilitasnya, rumah bertipe town house memiliki fasilitas yang bisa digunakan oleh seluruh penghuni perumahan. Sebaliknya, di rumah cluster, setiap cluster sudah diberikan fasilitasnya masing-masing. Sehingga diharapkan setiap penghuni yang membeli rumah tersebut bisa menikmati fasilitas yang sudah disediakan untuk kelompoknya.

Perlu diketahui, tipe rumah baik itu rumah cluster maupun town house tidak mempengaruhi harga sama sekali. Faktor lokasi lah yang paling banyak menyebabkan tinggi rendahnya harga, di samping itu juga faktor internal seperti fasilitas, ukuran, dan desain rumah tersebut.