Lifestyle
Nov10

Inilah 9 Software Desain Baju Tercanggih!

Salah satu kebutuhan pokok manusia adalah sandang atau pakaian. Jika seorang manusia tidak mampu mencukupi kebutuhan akan sandang ini dengan baik, maka kehidupannya pasti akan terganggu. Namun seiring dengan membaiknya kondisi perekonomian, sandang kini telah berubah dari kebutuhan dasar manusia menjadi gaya hidup tersendiri. Seseorang bisa menunjukkan eksistensinya dari pakaian yang dikenakannya. Oleh karena itu, desain pun sekarang menjadi faktor utama dari daya tarik suatu pakaian.

Beruntung karena kita hidup di zaman yang serba canggih, di mana segala sesuatu tidak harus dilakukan secara manual. Ada komputer yang dapat membantu menyelesaikan tugas dan pekerjaan kita sehari-hari. Termasuk di antaranya ialah tentang proses mendesain suatu produk baju. Saat ini sudah banyak sekali software yang bisa kita gunakan untuk keperluan membuat desain baju. Jadi Anda tidak perlu lagi mencorat-coret kertas untuk membuat sketsa yang pastinya akan sangat merepotkan.

Dari sekian banyak software yang telah berhasil diciptakan, kami hanya akan memberikan rekomendasi sebanyak sembilan software desain baju yang paling canggih.

  1. Free Tshirt Maker

Sesuai namanya, Free Tshirt Maker adalah software pembuat desain baju yang memiliki lisensi gratis. Artinya Anda bisa memakai software ini sepuasnya secara cuma-cuma. Free Tshirt Maker memungkinkan Anda dapat memasukkan gambar, logo, atau tipografi ke dalam bagian muka baju dengan gampang sekali. Anda pun bisa memainkan efek warna dari desain yang telah dibuat. Memiliki tampilan antarmuka yang cukup sederhana, kami jamin Anda pasti langsung bisa menggunakannya.

  1. Inkscape

Inkscape dapat berjalan dengan baik di komputer yang mempunyai sistem operasi Windows, Linux, dan Macintosh. Software ini dapat menghasilkan desain yang berbasis  grafik vektor sesuai dengan keinginan Anda. Inkscape dilengkapi dengan fitur canggih yang tentunya akan membantu pekerjaan Anda seperti objek 3D, poligon, stars, clone, spiral, teks, elypses, dan masih banyak lagi. Anda juga bisa memanipulasi gambar semaunya menggunakan software yang satu ini.

  1. GraffixPro Studio

Kalau Anda mempunyai anggaran yang cukup banyak, cobalah beli lisensi GraffixPro Studio. Pasalnya software berbayar ini mempunya kemampuan yang sangat mumpuni dalam mendukung pekerjaan Anda sebagai seorang desainer baju. Di dalamnya telah tersedia banyak sekali fitur garment template, font collection, image gallery, artwork library, dan barcode scanning. Sehingga pastinya Anda dapat membuat desain sebuah baju dengan lebih mudah dan lebih cepat menggunakan GraffixPro Studio. GraffixPro Studio juga menyediakan free trial untuk uji coba secara gratis selama seminggu.

software-desain-baju-tercanggih.jpg

  1. Digital Fashion Pro

Digital Fashion Pro boleh dikatakan sebagai salah satu software terbaik untuk keperluan mendesain baju. Oleh karenanya, ada banyak sekali para profesional yang menggunakan software yang satu ini guna memanfaatkan fitur-fitur di dalamnya. Software Digital Fashion Pro bahkan memungkinkan Anda dapat mencocokkan ukuran baju yang tengah dibuat dengan postur model yang tersedia. Selain itu, Anda juga bisa menciptakan gaya yang berbeda-beda.

  1. Kaledo

Kaledo adalah software desain pakaian yang sangat terkenal. Hal ini tidak lain karena di dalamnya telah tersedia berbagai macam fitur pendukung yang akan mempermudah Anda dalam bekerja membuat karya desain. Anda bisa membuat desain yang bagus untuk suasana formal, informal, dan keperluan catwalking. Terdapat banyak sekali template bawaan yang tersedia di Kaledo. Jadi Anda tinggal mengedit saja template tersebut seperti yang Anda mau.

  1. Virtual Fashion

Anda yang ingin menciptakan desain baju yang sangat sesuai dengan pilihan bisa menggunakan Virtual Fashion. Kelebihan utama dari software premium ini yaitu kemampuannya dalam menghasilkan karya desain yang rumit dalam waktu yang lebih cepat dibandingkan dengan software-software sejenis lainnya. Software ini juga memungkinkan Anda dapat melihat desain yang telah dibuat dari berbagai sudut pandang, lalu memberikan sentuhan efek ke sisi tersebut. Tidak hanya itu, Anda pun dapat memberikan sentuhan tekstur kain yang terlihat lebih realistis.

  1. NedGraphics Fahion Design

NedGraphics Fahion Design mempunyai fitur yang lengkap sekali. Jadi kemungkinan besar saat menggunakannya untuk pertama kali, Anda bakal dibuat bingung sendiri. Tapi hal tersebut tidak berlangsung terlalu lama. Setelah memahami masing-masing fitur yang tersedia, Anda pasti akan sangat tertolong dengan adanya fitur-fitur tersebut. NedGraphics Fahion Design memungkinkan Anda bisa menciptakan desain baju persis seperti ide yang terpikirkan di dalam benak Anda.

  1. Dress Assistant

Dress Assistant sebenarnya lebih kepada software yang akan mengasah kemampuan Anda dalam menyerasikan berbagai pakaian dan aksesori pelengkapnya. Tapi untuk para pemula, Anda bisa memanfaatkan software ini untuk memperkaya imajinasi tentang desain baju yang indah. Hal ini dikarenakan banyaknya desain yang telah tersedia di dalam software Dress Assistant pasti akan membuat pemikiran Anda semakin berkembang. Anda tinggal melakukan beberapa klik untuk memadukan beberapa desain baju supaya terlihat serasi.

  1. Poser Software

Ada kalanya kita jenuh terhadap pekerjaan mendesain baju yang dilakukan setiap hari. Untuk menyegarkan kembali pikiran Anda, cobalah memakai Poser Software. Software ini berani tampil berbeda daripada software-software desain baju yang lainnya. Keunikannya terletak pada pose model yang akan kita desain busananya. Ada model yang sedang berlari, melompat, berjongkok, berjinjit, dan lain-lain. Semuanya ditampilkan dengan apik di dalam desain grafis berbasis tiga dimensi.