Lifestyle
Jun22

Inilah 7 Kelebihan Rumah Panggung

kelebihan-rumah-panggung.jpg

Apa kelebihan rumah panggung dibandingkan dengan rumah konvensional biasa? Rumah panggung adalah rumah adat Suku Melayu. Masyarakat Melayu biasa mendirikin rumah dengan bentuk seperti ini agar rumah tetap aman meski dibangun di atas air. Di perairan inilah mata pencaharian utama Suku Melayu.

Seiring dengan berjalannya waktu, konsep rumah panggung menyebar ke seluruh Indonesia. Misalnya pada masyarakat Jawa, rumah panggung biasa dibuat di area persawahan sehingga mereka lebih mudah dalam mengawasi padi.

Jika kita cermati, rumah panggung ini mempunyai sejumlah kelebihan, di antaranya :

1. Anti Banjir

Pada umumnya, rumah panggung dibangun di atas perairan, baik itu di atas laut, sungai, rawa-rawa, danau, maupun persawahan. Tujuannya yaitu agar seseorang bisa hidup di wilayah perairan dengan aman tanpa takut rumahnya terkena banjir. Adapun faktor yang mempengaruhi pendirian rumah di perairan yaitu kepraktisan, baik dari segi tenaga, waktu, dan jarak tempuh.

2. Aman Terhadap Binatang Buas

Bagi masyarakat yang tinggal di wilayah daratan, pembangunan rumah panggung bertujuan untuk menghindarkannya dari binatang buas. Struktur lantai rumah yang tinggi membuat binatang sulit masuk ke dalam rumah. Begitupun dalama hal pengawasan lingkungan sekitarnya, bangunan yang tinggi membuat pemilik rumah bisa memantau keadaan di lingkungannya dengan lebih luas.

3. Halaman Lebih Luas

Pada rumah konvensional, area halaman hanya mencakup sekeliling rumah, baik halaman depan, belakang, kanan, dan kiri. Berbeda dengan rumah panggung, karena lantai rumah terletak di atas permukaan tanah, maka bagian bawah rumah dapat dijadikan sebagai halaman tambahan. Selain sebagai gudang, halaman ini biasanya juga difungsikan untuk dapur, tempat bermain, kandang ternak, dan lain-lain.

4. Tahan Gempa

Rumah panggung merupakan salah satu rumah yang tahan terhadap guncangan gempa. Hal ini disebabkan oleh penggunaan material kayu yang bersifat elastis sebagai bahan utama pembangun rumah. Sedangkan, beton hanya sebatas digunakan sebagai tiang penyangga rumah tersebut.

5. Kesan Tradisional yang Kuat

Suasana tradisional yang dimiliki oleh rumah panggung terasa sangat kuat. Hal inilah yang memicu bangunan rumah-rumah penginapan biasanya berbentuk rumah panggung. Kesan tradisionalnya diharap mampu membuat rileks semua pengunjung yang datang.

6. Bentuknya Unik

Saat ini, sangat sulit menemukan rumah panggung di lingkungan perkotaan. Karena kelangkaannya inilah, rumah panggung menjadi salah satu rumah yang unik. Usaha rumah makan bercita rasa tradisional banyak yang menerapkan rumah tipe ini untuk memikat hati konsumennya.

7. Interior Lebih Sejuk

Pada rumah biasa, ventilasi udara hanya terletak di dinding dan atap baik berbentuk jendela maupun celah-celah kayu. Berbeda dengan rumah panggung, udara bisa mengalir ke dalam rumah lewat mana saja, termasuk lantai rumah. Inilah yang membuat suasana di dalam rumah panggung akan terasa lebih sejuk.