Lifestyle
Sep17

Ini Spesifikasi Lengkap Smartphone Android One

spesifikasi-android-one.jpg

Smartphone dengan spesifikasi Android One akhirnya diluncurkan oleh Google. Peluncuran pertama ini dilakukan di India dengan menggaet tiga vendor ternama sekaligus. Di negeri Taj Mahal ini, harga masing-masing smartphone Android One dijual sekitar Rp 1,3 jutaan.

Spice Dreams Uno, Karbonn Sparkles V, dan Micromax Canvas A1 adalah tiga smartphone pertama yang tampil dengan Android One. Meskipun ketiganya dirancang dengan desain yang cukup berbeda, namun secara spesifikasi ketiga smartphone ini hampir mirip satu sama lain.

Layar

Ponsel pintar Android One memiliki layar berukuran 4,5 inci berjenis FWVGA. Selanjutnya, layar tersebut dibekali dengan resolusi 854 x 480 piksel dengan ketajaman 218 piksel per inci. Layar ini juga memiliki kemampuan capacitive touch screen.

Ukuran

Panjang ponsel pintar Android secara rata-rata adalah 134 mm dengan lebar 68 mm. Sedangkan tinggi (ketebalan) yakni 9,3 mm. Dengan ukuran ini, smartphone tersebut memiliki bobot sebesar 140 gram.

Kamera

Sama seperti ponsel pintar lainnya, Android One juga dihiasi oleh dua kamera yang dilengkapi flash. Pada kamera utamanya (belakang), Google menanamkan lensa berkekuatan 5 MP. Sedangkan, kekuatan kamera bagian depan adalah 2 MP. Pengguna juga dapat membuat video berkualitas 30 fps berkekuatan 1080 piksel.

Memori

Memori internal sebesar 4 GB mendukung performa Android One di mana sekitar 2,5 GB-nya telah digunakan untuk menampung software bawaan. Sedangkan, kapasitas RAM yang dimiliki adalah sebesar 1 GB. Untuk memori eksternalnya sendiri berjenis Micro dengan kapasitas penyimpanan mencapai 32 GB.

Prosesor

Senjata utama Android One berupa prosesor quad core seri Cortex A7 1.3 GHz buatan MediaTek. Sementara OS yang melengkapinya adalah Android 4.4 Kitkat dan kompatibel dengan versi Android berikutnya. Adapun GPU yang dipakai adalah ARM Mali-400MP2.

Konektivitas Jaringan

Ponsel dengan baterai bertenaga 1700 mAh ini mendukung dual SIM card pada jaringan GSM/GPRS/EDGE/3G (850, 900, 1800, 1900 MHz). Android One juga dilengkapi WiFi 802.11 b/g/n. Sementara untuk kecepatan UMTS/HSPA, bisa mencapai 21 Mbps (850, 2100 MHz).