Lifestyle
Sep8

Ini Petunjuk Cara Menanam Buah Naga di Kebun

cara-menanam-buah-naga.jpg

Anda ingin menanam buah naga di kebun? Selain karena rasanya yang segar, buah naga juga disukai oleh banyak orang berkat banyaknya manfaat buah ini bagi kesehatan tubuh. Tak ayal, hal ini membuat harga buah yang berasal dari Amerika ini tergolong mahal.

Menanam buah naga tergolong susah-susah gampang. Susah karena iklim di Indonesia berbeda dengan iklim di habitat asli buah ini. Gampang karena perawatan buah naga tidak terlalu rumit.

Alat dan Bahan :

  • Bibit buah naga
  • Lahan tanah
  • Pasir
  • Serbuk bata merah
  • Pipa
  • Pupuk kandang
  • Kawat/tali
  • Cangkul

Langkah-langkah :

A. Penyiapan Lahan

Budidaya buah naga bisa dilakukan di mana saja, baik di kebun, halaman, taman rumah, bahkan pot. Setiap bibit memerlukan lahan sekitar 1,5-2 meter untuk mendukung pertumbuhannya.

Setelah anda menentukan lahan yang akan digunakan, selanjutnya bersihkan dari rumput liar yang bisa menghambat pertumbuhan tanaman. Kemudian, gemburkan tanah tersebut dengan kedalaman sekitar 30 cm dan tambahkan pasir, pupuk kandang, bubuk bata merah, dan dolomit lalu dicangkul kembali. Terakhir, lahan tersebut disiram merata dan biarkan hingga mengering sebelum siap digunakan.

B. Pembuatan Irigasi

Irigasi berfungsi untuk memenuhi kebutuhan air pada tanaman serta memudahkan pembuangan air yang berlebih. Ada dua sistem irigasi yang biasa digunakan, yaitu pipa dan parit. Sistem irigasi pipa berfungsi sebagai alat untuk membantu menyiram tanaman. Sedangkan, irigasi parit dibuat sebagai saluran pembuangan air. Kedalaman parit yang ideal adalah 15-20 cm.

C. Pemilihan Bibit

Ada empat jenis buah naga yang biasa dibudidayakan di Indonesia, antara lain :

  1. Buah naga hitam : daging buah berwarna merah kehitaman.
  2. Buah naga merah : daging buah berwarna merah.
  3. Buah naga putih : daging buah berwarna putih.
  4. Buah naga kuning : kulit buah berwarna kuning.

Pada dasarnya, semua jenis tanaman buah naga mempunyai struktur yang mirip. Begitupun dengan kandungan nutrisi buahnya. Pembedanya hanya terletak pada warna daging buah tersebut, kecuali pada buah naga kuning.

Di pasaran, bibit buah naga dengan tinggi 50 cm dijual dengan harga sekitar Rp 10.000. Sedangkan, bibit yang telah mencapai 80 cm dibandrol dengan harga sekitar Rp 15.000 per bibit.