Lifestyle
Aug7

Ini Manfaat Bunga Pagoda dan Khasiatnya

manfaat-bunga-pagoda.jpg

Apakah manfaat bunga pagoda untuk kesehatan? Cherodenrum Japonicum (Thumb) Sweet atau masyarakat Indonesia menyebutnya bunga pagoda, selain sebagai tanaman hias, juga bermanfaat bagi kesehatan. Di beberapa daerah, bunga pagoda juga disebut dengan srigunggu, memiliki daun berwarna hijau pekat, bunga bergerombol, dan batangnya mampu tumbuh hingga 2 meter.

Secara umum, akar dari tanaman pagoda bersifat anti flamasi dan anti swelling dan rasanya pahit. Bagian akar ini bisa anda gunakan untuk mempercepat pembekuan darah dan mengatasi peluruh kencing. Sementara itu, bagian daun yang terasa pahit-pahit manis, bisa digunakan untuk anti radang. Untuk bagian bunganya sendiri, bisa anda manfaatkan sebagai pereda sakit kepala.

Kegunaan tanaman bunga pagoda antara lain :

Migrain

Jika anda tengah dilanda migrain atau sakit kepala sebelah, cobalah ramuan herbal dari tumbuhan pagoda ini. Siapkan 15 gram bunga pagoda, 5 gram getah lidah buaya, dan 5 gram jahe. Selanjutnya, rebus bahan-bahan ini di dalam air sebanyak 500 cc. Rebus cukup lama hingga menyisakan air setengahnya saja. Jangan lupa menyaring air rebusan ini untuk memisahkan ampasnya. Terakhir, minumlah air rebusan tersebut selagi hangat.

Sakit Pinggang

Selain migrain, bunga pagoda pun bisa digunakan untuk mengobati sakit pinggang. Caranya rebus 50 gram bunga pagoda, 10 gram jahe merah, dan gula aren secukupnya di dalam 500 cc air bersih. Perebusan dilakukan hingga air tinggal tersisa 250 cc saja. Saring dan minum airnya.

Insomnia

Gangguan insomnia atau sulit tertidur bisa menyerang siapa saja, termasuk anda. Tapi tenang, jika suatu hari anda terkena insomnia, cobalah ambil bunga pagoda, kemudian giling dengan blender sampai halus. Rebuslah gilingan bunga tersebut dengan air sebanyak 400 cc dan tambahkan 15 gram jahe. Masak hingga tersisa 200 cc. Terakhir, air rebusan tersebut dapat anda saring dan diminum saat hendak tidur.