Lifestyle
May27

Ini Macam-macam Pekerjaan Desain Grafis

Kuliah di jurusan desain grafis, pastinya anda ingin tahu macam-macam pekerjaan desain grafis kan? Secara garis besar, semua pekerjaan yang ada di bidang ini menuntut kemampuan anda dalam mengolah gambar (grafis) dengan baik. Media yang diolah pun beragam, mulai dari kertas, kain, dan bangunan.

Berikut ini arafuru.com akan memberikan sedikit gambaran mengenai pekerjaan seorang desain grafis :

Editorial Design

Editorial design menuntut kemampuan anda dalam mengatur diagram dan layout dengan baik. Jika anda tertarik dan senang dengan proses topografi, posisi ini bisa membuat anda nyaman bekerja. Di sini, anda tidak harus jago dalam mengoperasikan photoshop dan program desain lainnya, karena anda hanya akan diberikan tugas membuat hasil suatu desain terlihat lebih bagus dan mudah dipahami. Biasanya, posisi ini dibutuhkan oleh perusahaan majalah, koran, percetakan, maupun periklanan.

pekerjaan-desain-grafis.jpg

Web Design

Saat ini, profesi sebagai seorang web design tengah menjadi tren di Indonesia karena jenjang karirnya yang menggiurkan. Jika anda juga tertarik dengan per-website-an, maka anda perlu membekali diri dengan kemampuan photoshop, ilustrator, html/css, serta jenis kode yang lainnya. Sehari-hari pekerjaan anda akan berhubungan dengan website dan internet, serta pemasaran online jika diperlukan. Seiring dengan perkembangan teknologi, kebutuhan web designer ini diperlukan oleh hampir semua perusahaan di berbagai sektor. Namun agar karir anda terus meningkat, kami menyarankan pilihlah perusahaan di sektor teknologi.

Photography

Apapun latar belakang ilmu grafis yang anda pelajari, anda bisa berkerja sebagai seorang fotografer. Hal ini tidak terlepas dari keseharian desainer grafis yang selalu berhubungan dengan foto dan peralatannya. Meskipun begitu, dengan mempelajari ilmu fotografi secara serius, anda dapat menghasilkan foto dengan kualitas lebih tinggi meliputi warna, fokus, komposisi, cahaya, dan lain-lain. Selain bekerja di perusahaan media, seorang fotografer juga bisa mendirikan usaha fotografi dan digital agency.

Illustration

Menjadi seorang ilustrator tidak jauh berbeda dengan pekerjaan desain grafis lainnya. Yang membedakan adalah anda membutuhkan waktu yang cukup banyak untuk memperoleh inspirasi yang baru. Banyak orang yang mengira pekerjaan di semua bidang desain grafis itu sama saja. Faktanya, seorang ilustrator harus mampu menemukan ide-ide fresh dan unik untuk mendapatkan hasil yang luar biasa. Keahlian ini biasanya dibutuhkan oleh perusahaan periklanan, website, dan sebagainya.

3D Design/Animation

Desainer animasi bertugas di dalam pembuatan video game dan film-film berjenis animasi. Butuh keahlian menggambar tinggi tinggi dan imajinasi yang sangat kuat untuk bekerja di bidang ini. Beberapa program komputer yang harus dikuasai oleh seorang animator antara lain After Effects, Maya, 3D Max, dan Flash. Kebutuhan tenaga dengan keahlian ini paling banyak diperlukan oleh perusahaan-perusahaan di luar negeri, yaitu Amerika Serikat dan Jepang.

Corporative Design

Jika anda mengambil jurusan desain grafis saat kuliah, maka pekerjaan sebagai Corporative Design akan menjadi posisi bergengsi yang bisa diraih. Di sektor ini, anda harus menguasai semua keahlian yang pernah dipelajari semasa kuliah, baik itu perancangan, produksi, print, pembuatan logo, pengeditan, dan seterusnya. Anda harus mahir menggunakan semua software desain grafis, mampu berkomunikasi dengan baik, dan merealisasikan keinginan klien. Oleh karena itu, posisi ini bisa dibilang sebagai posisi paling penting di perusahaan.

Environmental Graphic Design

Seperti namanya, posisi ini menuntut anda berhubungan langsung dengan lingkungan nyata. Adapun contoh pekerjaan real dari posisi ini yaitu arsitek, lanskaping, desainer interior, dan drafter. Anda yang menyukai tantangan dan tertarik dengan proyek perumahan bisa memilih jenjang karir di bidang ini. Sementara itu, software-software yang harus dipelajari bisa anda lihat di sini.

Academy/Design Evangelist

Design Evangelist atau pengajar/dosen desain grafis adalah puncak dari semua karir seorang desainer grafis. Menjadi pengajar berarti anda telah benar-benar mahir menggunakan semua jenis software desain dan memahami berbagai unsur dan prinsip desain yang telah ada. Selain itu, anda juga harus siap untuk menurunkan ilmu yang anda kuasai kepada semua anak didik anda dan membekali diri dengan teknik mengajar yang baik.