Lifestyle
May27

Ini Macam-macam Pekerjaan Desain Grafis

macam-macam-pekerjaan-desain-grafis.jpg

Kuliah di jurusan desain grafis, pastinya anda ingin tahu macam-macam pekerjaan desain grafis kan? Secara garis besar, semua pekerjaan yang ada di bidang ini menuntut kemampuan anda dalam mengolah gambar (grafis) dengan baik. Media yang diolah pun beragam, mulai dari kertas, kain, dan bangunan.

Berikut ini arafuru.com akan memberikan sedikit gambaran mengenai pekerjaan seorang desain grafis :

Editorial Design

Editorial design menuntut kemampuan anda dalam mengatur diagram dan layout dengan baik. Jika anda tertarik dan senang dengan proses topografi, posisi ini bisa membuat anda nyaman bekerja. Di sini, anda tidak harus jago dalam mengoperasikan photoshop dan program desain lainnya, karena anda hanya akan diberikan tugas membuat hasil suatu desain terlihat lebih bagus dan mudah dipahami. Biasanya, posisi ini dibutuhkan oleh perusahaan majalah, koran, percetakan, maupun periklanan.

Web Design

Saat ini, profesi sebagai seorang web design tengah menjadi tren di Indonesia karena jenjang karirnya yang menggiurkan. Jika anda juga tertarik dengan per-website-an, maka anda perlu membekali diri dengan kemampuan photoshop, ilustrator, html/css, serta jenis kode yang lainnya. Sehari-hari pekerjaan anda akan berhubungan dengan website dan internet, serta pemasaran online jika diperlukan. Seiring dengan perkembangan teknologi, kebutuhan web designer ini diperlukan oleh hampir semua perusahaan di berbagai sektor. Namun agar karir anda terus meningkat, kami menyarankan pilihlah perusahaan di sektor teknologi.

Photography

Apapun latar belakang ilmu grafis yang anda pelajari, anda bisa berkerja sebagai seorang fotografer. Hal ini tidak terlepas dari keseharian desainer grafis yang selalu berhubungan dengan foto dan peralatannya. Meskipun begitu, dengan mempelajari ilmu fotografi secara serius, anda dapat menghasilkan foto dengan kualitas lebih tinggi meliputi warna, fokus, komposisi, cahaya, dan lain-lain. Selain bekerja di perusahaan media, seorang fotografer juga bisa mendirikan usaha fotografi dan digital agency.

Illustration

Menjadi seorang ilustrator tidak jauh berbeda dengan pekerjaan desain grafis lainnya. Yang membedakan adalah anda membutuhkan waktu yang cukup banyak untuk memperoleh inspirasi yang baru. Banyak orang yang mengira pekerjaan di semua bidang desain grafis itu sama saja. Faktanya, seorang ilustrator harus mampu menemukan ide-ide fresh dan unik untuk mendapatkan hasil yang luar biasa. Keahlian ini biasanya dibutuhkan oleh perusahaan periklanan, website, dan sebagainya.