Lifestyle
Jul21

Ini Kelinci-kelinci Paling Unik di Dunia

Mau tahu kelinci-kelinci unik dari berbagai belahan dunia? Kelinci merupakan hewan peliharaan yang menggemaskan. Bentuk wajahnya yang imut dengan bulunya yang indah membuat hewan herbivora ini sebagai salah satu binatang terfavorit. Dari sekian banya ras kelinci, ada kelinci-kelinci yang memiliki bentuk paling unik. Apa saja?

Kelinci Anggora

Kelinci anggora terkenal berkat bulu-bulunya yang panjang. Kelinci ini banyak dikembangbiakan di setiap negara hingga melahirkan ras baru dari anggora. Kebanyakan ras baru anggora disesuaikan dengan tempat di mana kelinci tersebut dibudidayakan seperti english anggora, france anggora, german anggora, dan nama lain sesuai negaranya.

Di Indonesia sendiri, kelinci anggora menjadi hewan hias yang banyak sekali penggemarnya. Bahkan, banyak lomba kelinci hias, di mana anggora menjadi salah satu kelinci yang paling banyak diikutsertakan.

Namun kelinci anggora tidak cocok dipelihara orang pemalas karena kurangnya perawatan akan menghilangkan keindahan dari kelinci ini. Sedikitnya bulu tebal dan lembut dari kelinci anggora harus disisir dua hari sekali jika tidak ingin terlihat rusak dan rontok. Sang pemilik juga harus rajin mencukur bulu kelinci anggora karena pertumbuhannya sangat cepat mencapai 2,5 cm setiap bulannya. Kalau malas jangan harap kelinci anggora terlihat indah, malah sebaliknya akan tampak kucel lantaran bulu tebalnya menggumpal.

Kelinci Lop

Kelinci unik berikutnya adalah jenis lop. Keunikan dari kelinci lop adalah dari bentuk kepalanya yang lebar dan telinga panjangnya yang jatuh. Padahal kelinci lain pada umumnya memiliki bentuk kepalanya yang lonjong dan telinga yang tegak.

Seperti halnya kelinci anggora, lop juga sangat diminati untuk dikembangkan di setiap negara untuk menghasilkan ras baru. Uniknya, setiap negara memiliki ciri khas baru dari lop yang dihasilkannya. Seperti ras holland lop yang memiliki ciri khas telingannya yang panjang dan jatuh menutupi pipinya serta bentuk hidungnya yang pesek.

Sementara french lop lebih hebat lagi, telinganya super panjang, telinga kelinci yang dikembangbiakan penghobi asal Perancis ini bisa menjuntai hingga ke tanah. Panjang tubuhnya juga melebihi ras lainnya hingga mencapai 25 cm. Beberapa ras dari lop memiliki warna mata yang unik, selain merah, ada juga yang berwarna cokelat.

Khusus ras french lop sulit dikembangkan di Indonesia lantaran ras ini cukup kesulitan beradaptasi dengan iklim tropis. Selain itu, telinga panjangnya perlu mendapatkan perhatian ekstra karena memerlukan tempat yang baik seperti rumput yang halus, sementara di Indonesia mayoritas tempatnya berupa rumput liar dan tanah sedikit berbatu.

Kelinci Flamish Giant