Lifestyle
Jul11

Ini Kelebihan dan Kekurangan Rumah Cluster

kelebihan-dan-kekurangan-rumah-cluster.jpg

Apa kelebihan dan kekurangan rumah cluster dibandingkan dengan rumah biasa? Istilah rumah cluster merujuk pada rumah dengan model terbuka tanpa ada pagar yang mengelilinginya dan berada di dalam komplek perumahan. Sedangkan kekhasan dari perumahan cluster adalah seluruh wilayahnya dikelilingi oleh tembok tinggi dan hanya terdapat satu gerbang. Hal ini memungkinkan aktifitas keluar masuk komplek tersebut hanya terdapat satu jalur dan lebih mudah dipantau.

Target pasar rumah cluster biasanya menyasar pada masyarakat perkotaan yang sibuk. Dengan model perumahan seperti ini diharapkan penghuni dapat merasa lebih aman dan mampu bersosialisasi dengan tetangga di sekitarnya.

Berikut ini kelebihan dari rumah bergaya cluster :

1. Lebih Aman

Keamanan yang tinggi menjadi prioritas utama mengapa seseorang lebih memilih tinggal di perumahan cluster. Hal ini tidak lain berkat diberlakukannya satu jalur masuk sehingga penjaga lebih mudah memantau aktifitas di dalam komplek. Selain itu, di beberapa perumahan juga telah memberlakukan sistem ID Card sehingga hanya orang-orang tertentu saja yang diperbolehkan untuk memasuki komplek tersebut.

2. Fasilitas Publik Cukup Banyak

Demi meningkatkan minat konsumen, beberapa pengembang bahkan mengalokasikan tanah lebih luas untuk dibangun fasilitas daripada untuk hunian. Hal ini tentu akan menguntungkan penghuni komplek karena setiap hari mereka bisa menikmati fasilitas tersebut secara gratis tanpa terbatas. Beberapa fasilitas yang umum misalnya taman bermain, jogging track, kolam renang, dan lapangan olahraga.

3. Lebih Bergengsi

Tinggal di rumah cluster secara otomatis akan menaikkan gengsi anda. Faktor yang mempengaruhi hal ini di antaranya wilayah yang premium, desain bangunan mewah, petugas keamanan 24 jam, serta keragaman fasilitas yang tersedia. Harga rumah yang cukup mahal juga secara tidak langsung berpengaruh dalam mengerek kedudukan nilai komplek tersebut dibandingkan dengan hunian di sekitarnya.

4. Sosialisasi Lebih Terjaga

Tidak adanya pagar pembatas antar rumah yang menghalangi, membuat suasana di perumahan model cluster terasa lebih akrab. Anda bisa dengan mudah bertegur sapa dengan tetangga di sekitar. Luasnya taman dan banyaknya fasilitas juga memungkinkan anda untuk menikmati waktu bersama penghuni-penghuni perumahan lainnya.

5. Aman Bagi Anak-anak

Berkat diberlakukannya sistem satu jalur, kendaraan yang lalu lalang di dalam komplek tidak begitu banyak. Anak-anak pun bisa lebih bebas menikmati waktunya di halaman yang terbuka. Hal ini juga yang membuat tingkat polusi udara di perumahan akan berkurang.

6. Sangat Indah

Lanskap taman menjadi fasilitas wajib di setiap hunian bergaya cluster. Sehingga tinggal di sini, meskipun berada di tengah-tengah kota, namun suasananya tetap asri. Kebanyakan taman pun dibuat secantik mungkin oleh desainer lanskap ternama.