Lifestyle
Jan26

Ini Dia Perbedaan antara Rumah dan Villa!

Pada dasarnya, antara rumah dan villa memiliki bentuk fisik sama yaitu sebuah bangunan yang dilengkapi atap peneduh dan pintu sebagai akses keluar masuknya. Begitupun dengan tata ruang bagian interior, semuanya sama persis. Hanya saja, penggunaan kata rumah dan villa ini memiliki maksud yang berlainan.

perbedaan-rumah-dan-villa.jpg

Salah Satu Contoh Bangunan Villa

Berikut ini faktor-faktor pembeda rumah dan villa :

1. Kegunaan

Secara garis besar, yang dimaksud rumah adalah sebuah bangunan yang dihuni untuk keperluan tempat tinggal sehari-hari. Sedangkan istilah villa ditujukan untuk bangunan yang hanya difungsikan sebagai tempat peristirahatan. Jadi, penggunaan villa terbilang jarang karena hanya dihuni saat pemilik berlibur sebagai tempat bersantai sementara waktu.

2. Ukuran

Biasanya, ukuran bangunan villa jauh lebih besar dari ukuran sebuah rumah pada umumnya. Sesuai fungsinya sebagai tempat beristirahat tadi, bangunan villa diharapkan mampu menampung seluruh anggota keluarga besar ketika sedang berlibur bersama. Tak ayal, keberadaan kamar tidur pun terbilang cukup banyak dan paling penting di bangunan ini.

3. Desain

Kebanyakan desain villa mengusung konsep mewah dengan maksud untuk menghadirkan suasana hotel di tempat peristirahatannya. Meskipun begitu, tidak sedikit juga pemilik villa yang lebih menyukai gaya natural agar kesannya menenangkan dan bisa menyatu dengan lingkungan sekitar. Sedangkan desain rumah yang saat ini sedang diminati adalah modern minimalis dan modern klasik.

4. Lokasi

Untuk sebuah rumah tinggal, lokasinya bisa dikatakan strategis apabila terletak di dekat pusat keramaian dan fasilitas umum. Sedangkan, lokasi villa yang paling ideal justru berada di tempat yang tersembunyi. Lingkungan yang masih alami, asri, sepi, dan indah merupakan tempat yang paling strategis untuk pembangunan sebuah villa.

5. Perabotan

Sudah menjadi pemandangan umum jika rumah selalu dipenuhi dengan barang-barang keperluan sehari-hari. Furnitur-furnitur dan aksesoris pendukung lainnya tersedia lengkap di bangunan rumah. Sementara untuk villa, karena fungsi utamanya adalah sebagai tempat beristirahat, maka furnitur yang penting adalah kasur dan sofa yang nyaman. Kebanyakan aktifitas saat berlibur dilakukan di luar villa sehingga tidak diperlukan lagi perangkat hiburan.