Lifestyle
Aug2

Ini Dia Manfaat Tapak Dara Sebagai Obat

manfaat-tapak-dara.jpg

Apa saja khasiat dan manfaat tapak dara? Salah satu tanaman herbal asli Indonesia yang biasa digunakan sebagai obat adalah tapak dara (Catharanthius roseus). Dari segi struktur, tanaman ini mempunyai daun yang hijau segar dan gemar berbunga. Tak ayal, selain sebagai tanaman obat, tapak dara juga kerap digunakan untuk menghiasi taman.

Pada umumnya, bunga tapak dara terdiri dari dua macam warna yaitu merah muda dan putih. Teknik persilangan memungkinkan munculnya bunga tapak dara yang berwarna pink dengan tepian putih.

Secara alami, tanaman tapak dara mengandung zat vinblasin vincristine yang berguna untuk anti kanker. Zat ini rasanya pahit dan sedikit dingin, agak mirip seperti daun mint. Selain itu, tanaman ini juga mengandung zat vindolin yang dapat dimanfaatkan untuk mengatur kadar gula dalam darah manusia dan menurunkan tekanan darah.

Resep obat-obatan tradisional juga banyak menggunakan tanaman tapak dara ini sebagai obat penenang serta menetralkan panas dan racun. Bagi anda yang terkena pendarahan, tapak dara juga bisa diramu untuk menghentikan hemastatik tersebut.

Berikut ini 5 penyakit yang bisa diredakan dengan tapak dara ala Arafuru.com :

1. Hipertensi

Tekanan darah tinggi atau biasa kita sebut hipertensi, terjadi karena adanya gangguan pada organ jantung. Adapun cara membuat ramuan tapak dara untuk mengatasi hipertensi yaitu ambil segenggam daun tapak dara dan sedikit adas. Kemudian, cuci kedua bahan ini sampai bersih. Lalu, rebuslah di dalam satu liter air dan biarkan hingga menyisakan setengah liter saja. Terakhir, saring agar ampas dan air sarinya terpisah. Ramuan ini bisa anda minum dua kali sehari sebagai terapi.

2. Luka Bakar

Selain untuk menyembuhkan hipertensi, tapak dara juga bisa digunakan untuk mengobati luka bakar. Caranya, ambil 8 helai daun tapak dara, 1/2 genggam beras tumbuk, dan sedikit air. Campurkan bahan-bahan tersebut menjadi satu. Lalu, tempelkan campuran ramuan ini pada luka bakar. Jangan lupa, balutlah dengan perban agar ramuan tersebut tidak mudah lepas.

3. Kencing Manis