Lifestyle
Apr15

Ini Dia Ciri-ciri Ikan Koi yang Sakit

Apakah ciri-ciri ikan koi yang sakit sama seperti ikan yang lainnya? Seperti kita ketahui, setiap makhluk hidup pasti pernah mengalami sakit, termasuk ikan koi yang anda pelihara. Berbeda dengan manusia yang bisa mengatakan apa yang sedang dideritanya, kita mengenali penyakit ikan koi melalui perilaku dan tanda-tanda di tubuhnya.

ciri-ciri-ikan-koi-sakit.jpg

Pada dasarnya, gejala ikan koi yang sakit sama seperti ikan yang lainnya. Oleh sebab itu, bagi anda yang sudah terbiasa memelihara ikan hias lain, pasti bisa langsung mengetahui kondisi ini.

Adapun ciri-ciri ikan koi yang sakit, yaitu :

1. Ikan Koi Terlihat Menyendiri

Ikan koi yang sehat bisa dilihat dari gerak-geriknya yang lincah dan gesit. Sebaliknya, jika ikan tampak diam dan cenderung menyendiri, bisa dipastikan bahwa kesehatan ikan koi tersebut sedang terganggu. Beberapa pakar menyebutkan, perilaku ini merupakan bentuk perilaku alamiah ikan yang kemungkinan tidak ingin menularkan penyakitnya kepada ikan-ikan yang lain.

Perilaku menyendiri ini belum bisa digunakan untuk mendiagnosa penyakit apa yang diderita oleh ikan. Butuh pengamatan yang lebih agar kita melihat indikasi lainnya agar penyakit ikan diketahui.

2. Ikan Koi Menutup Sirip Bagian Dada

Apabila ikan koi merasa tidak nyaman dengan lingkungan kolam, maka dia akan bereaksi dengan menutup sebelah sirip dadanya. Ikan pun terlihat tenang, tidak seagresif biasanya. Kemungkinan besar hal ini dikarenakan kadar amonia dan nitrat di kolam ikan koi yang melebihi batas normal.

Untuk mengatasinya, selain membersihkan kolam, anda bisa menghentikan pemberian pakan koi selama sehari dan mengganti sepertiga air kolam. Apabila hal ini terus berlanjut, kemungkinan besar ikan tersebut mengalami masalah yang cukup serius.

3. Muncul Urat Kemerahan di Tubuh Ikan Koi

Perhatikan keseluruhan tubuh ikan koi yang anda pelihara. Apakah terdapat semacam urat nadi berwarna kemerahan di tubuh ikan tersebut? Jika iya, besar kemungkinan ikan sedang mengalami stres. Ada beberapa penyebab ikan koi merasa stres. Di antaranya adalah perubahan suhu air kolam yang drastis dan kadar amonia dalam air yang terlalu tinggi.

Untuk memastikan penyebabnya, kami menyarankan anda memberlakukan puasa pada ikan koi dengan tidak memberinya makan selama sehari penuh. Apabila keesokan harinya urat tersebut hilang, bisa dipastikan kadar amonia adalah sumber masalah ini. Solusinya dengan memperbaiki sistem filter, mengurangi pemberian pakan, dan mengeluarkan sebagian ikan karena populasinya terlalu padat. Sedangkan, jika urat pada ikan koi masih ada, maka kemungkinan besar ikan terkena penyakit.

4. Nafsu Makan Ikan Koi Menurun

Tanda-tanda ikan koi sakit selanjutnya adalah ikan tidak merespon saat kita memberikan pakan. Sama seperti makhluk hidup lainnya, ikan yang sedang sakit maka nafsu makannya pun menurun.

Adapun penyebabnya bermacam-macam, mulai dari sakit di luar tubuh seperti badan tergores/terluka, sampai penyakit yang ada di dalam seperti ikan terinfeksi virus. Penanganan yang tepat untuk gejala ini adalah dengan memisahkan koi untuk sementara waktu dan memberikan perhatian yang lebih.

5. Ikan Koi Berenang di Permukaan dan Terengah-engah

Berbeda dengan ikan koi yang sedang ingin bercengkrama dengan kita, ikan yang selalu berenang di permukaan dan bernapas dengan terengah-engah menandakan dia kekurangan oksigen. Oksigen yang larut dalam air terlalu sedikit untuk dikonsumsi oleh seluruh ikan. Akibatnya, ikan pun mencari sumber oksigen dari udara.