Lifestyle
Oct27

Ini Cara Merangkai Bunga Segar dan Merawatnya

Ingin belajar merangkai bunga sendiri di rumah? Mendekorasi interior memang paling indah dengan bunga potong yang segar. Selain rumah menjadi cantik, bunga juga mampu menghadirkan aroma wangi ke seluruh ruangan.

cara-merangkai-bunga.jpg

Jika anda ingin membuat rangkaian bunga yang tak gampang layu, berikut Arafuru bagikan panduannya :

Alat dan Bahan :

  • Bunga berwarna-warni
  • Vas
  • Air
  • Gunting

Langkah-langkah :

  1. Pilihlah beberapa jenis bunga yang ingin anda rangkai. Usahakan pemilihan disortir menurut aspek psikologi warna. Sebagai contoh, bunga berwarna putih akan menghadirkan ketenangan, bungan berwarna oranye dan kuning akan membangkitkan semangat, sedangkan bunga berwarna ungu dan hijau bisa menghadirkan keseimbangan interior.
  2. Siapkan vas yang akan digunakan sebagai wadah. Kemudian cucilah vas tersebut hingga bersih. Ingat, saat mencuci vas anda tidak diperbolehkan memakai sabun karena sifat kimianya akan tertinggal di dalam vas dan mampu meracuni tanaman.
  3. Isilah vas dengan air bersih secukupnya. Idealnya, pengisian air dilakukan hingga separuh dari kedalaman vas.
  4. Bersihkanlah tangkai bunga dari bagian-bagian yang mengganggu penampilannya. Hilangkan beberapa helai daun, terutama di bagian pangkal. Hilangkan pula lendir pada batang bagian pangkal yang dapat mengotori air.
  5. Kini saatnya anda memasukkan tangkai-tangkai bunga tersebut satu per satu. Usahakan, saat bunga dimasukkan ke dalam vas, tidak ada bagian daun yang terendam air. Jika tidak, bunga potong yang anda miliki akan cepat membusuk.
  6. Untuk perawatannya, rutinlah mengganti air di dalam vas maksimal tiga hari sekali. Setiap proses penggantian air ini, tangkai juga perlu dipotong sepanjang 1 cm agar tetap mampu menyerap air.
  7. Agar rangkaian bunga ini lebih awet, anda dapat menjemurnya di bawah matahari pagi. Sinarnya yang hangat akan memicu proses fotosintesis pada tangkai bunga tanpa membakarnya. Sebaiknya, rangkaian bunga ini jangan diletakkan di ruangan ber-AC karena tanaman akan sulit beradaptasi.

Selamat mencoba!