Lifestyle
Jul5

Ini Cara Menanam Adenium Agar Rajin Berbunga

cara-menanam-bunga-adenium-di-pot.jpg

Bagaimana cara menanam adenium agar rajin berbunga? Salah satu tanaman hias yang sedang populer saat ini adalah adenium. Sekilas, bentuk tanaman adenium mirip dengan pohon kamboja. Karena itu, banyak yang menyebutnya sebagai kamboja jepang.

Penyebutan ini sebenarnya salah kaprah. Pertama, adenium bukan merupakan keluarga kamboja. Kedua, adenium berasal dari daerah Afrika dan Asia Barat, bukan Jepang. Di habitatnya, adenium sering disebut sebagai Rose of Dessert (mawar padang pasir).

Bunga adenium memang memiliki pola warna yang sangat indah. Kombinasi warna merah pekat, merah, dan pink dengan putih akan semakin cantik bentuk kelopaknya yang besar. Begitupun pada bagian batang adenium yang mempunyai nilai artistik tinggi dan dapat dibentuk menjadi bonsai.

Alat dan Bahan :

  • Bibit adenium
  • Pot
  • Tanah
  • Pasir
  • Sekam
  • Pupuk kompos
  • Sekop
  • Pisau

Langkah-langkah :

1. Menyiapkan Bibit Adenium

Perkembangbiakan tanaman adenium bisa melalui biji dan cangkok. Biji adenium yang digunakan berasal dari buah yang sudah matang dan disemai hingga tumbuh tunas-tunas kecil. Sedangkan, pencangkokan dapat dilakukan pada batang yang telah berdiameter minimal 3 cm.

2. Menyiapkan Media Tanam

Karena habitat aslinya adalah gurun, tanaman adenium memerlukan struktur media tanam yang agak berpasir. Anda dapat membuatnya dengan mencampurkan tanah, pasir, sekam padi, dan pupuk kompos dengan perbandingan 3:3:2:1. Usahakan media tanam ini telah tercampur rata sebelum siap digunakan.

Langkah berikutnya, media tanam yang telah diolah tersebut dimasukkan ke dalam pot sampai penuh. Pada dasar pot dilapisi dengan beberapa pecahan genting supaya media tanam tidak mudah keluar ketika pot disiram.

3. Menanam Bibit Adenium

Penanaman bibit dilakukan dengan cara mengubur bagian akarnya. Tanah di pot tidak perlu dipadatkan guna menghindari kemungkinan patahnya akar tanaman.

4. Merawat Adenium

Banyak orang yang mengira adenium sangat menyukai air karena mempunyai batang lunak. Padahal sebaliknya, air mampu mengakibatkan tanaman mudah membusuk dan mati. Hal ini karena, seperti kebanyakanan tanaman gurun, adenium biasa menyimpan cadangan air dan makanan di bagian umbinya.

Usahakan tanaman adenium diletakkan di tempat yang terkena sinar matahari langsung. Cahaya matahari pagi sangat efektif untuk memicu tumbuhnya bunga-bunga pada tanaman ini.

Selain itu, pemangkasan juga perlu dilakukan secara berkala untuk menjaga keindahan bentuknya. Sedangkan, untuk pemupukan ulang, dapat anda lakukan sebulan sekali.

Selamat menanam adenium.