Ini 9 Maskot Asian Games dari Masa ke Masa

Penasaran dengan maskot Asian Games dari masa ke masa? Kehadiran maskot selalu menarik perhatian karena memiliki desain unik dan keberadaannya yang menjadi identitas tuan rumah suatu kejuaraan. Tak terkecuali dengan Asian Games yang sudah digelar sebanyak sembilan kali ini, di mana kejuaraan pertamanya diselenggarakan di New Delhi, India pada 1982.

Asian Games 1982

Maskot yang diciptakan pada perhelatan Asian Games 1982 di New Delhi, India adalah seekor gajah asia bernama Appu. Maskot ini merupakan manifestasi dari kesetiaan, kebijaksanaan, dan kekuatan. Appu memakai bindi di dahinya, seperti wanita India, yang merupakan lambang dari OCA (Olympic Council of Asia).

Asian Games 1986

Asian Games 1986 di Seoul, Korea Selatan memiliki maskot seekor harimau bernama Hodori. Sosok bintang harimau dipilih karena sangat erat hubungannya dengan kebudayaan di Korea Selatan. Hodori memakai topi khas petani dengan background huruf S untuk Seoul. Maskot ini juga terlihat tengah mengalungkan sebuah medali. Uniknya, Hodori juga digunakan sebagai maskot pada Olimpiade 1988 di Seoul.

Asian Games 1990

Sosok binatang panda dipilih sebagai maskot Asian Games di Beijing, China. Seekor panda bernama Panpan ini merupakan cerminan dari semangat, persahabatan, dan perdamaian. Panda ini terlihat lucu dengan sebuah medali Tiananmen di tangan kirinya, sambil mengangkat jempol kanannya.

Asian Games 1994

Poppo dan Coccu adalah maskot Asian Games 1994 yang berlangsung di Hiroshima, Jepang. Jika anda mengira bentuk kedua maskot ini terinspirasi dari bebek, maka anda salah. Sebab, keduanya merupakan burung merpati salju. Burung ini melambangkan perdamaian di Asia.

Asian Games 1998

Gajah sebagai binatang khas Thailand dipilih sebagai maskot Asian Games 1998 di Bangkok. Gajah bernama Chaiyo ini merupakan simbol kesucian dan kekuatan. Sedangkan nama Chaiyo berarti keharmonisan, sukacita, kesuksesan, dan kebahagiaan.

Asian Games 2002

Maskot Asian Games di Busan, Korea Selatan pada 2002 ini adalah seekor burung camar. Selain sebagai simbol Busan yang merupakan kota pelabuhan, burung camar bernama Duria ini juga menggambarkan kedinamisan dan kesucian. Dalam bahasa korea, Duria berarti You and I.

Asian Games 2006

Orry merupakan seekor binatang antelop yang menjadi inspirasi maskot Asian Games 2006 di Doha, Qatar. Sosok antelop muda ini melambangkan Qatar sebagai sebuah negara yang masih baru. Sedangkan nama Orry bermakna rasa hormat, komitmen, semangat, perdamaian, dan partisipasi. Maskot ini mengenakan kaos yang bertuliskan OCA.

Asian Games 2010

Guangzhou, China yang menjadi tuan rumah Asian Games 2010 mengambil sosok lima ekor kambing bernama Le Yangyang. Sosok ini bersumber dari sebuah legenda yang mengisahkan lima ekor kambing jelmaan dewa yang menyelamatkan penduduk setempat dari bencana kelaparan. Itu sebabnya, kambing dipilih sebagai simbol keberuntungan dan kemakmuran.

Asian Games 2014

Maskot Asian Games 2014 di Incheon berupa tiga anjing laut bersaudara bernama Vichuon, Barame, dan Chumuro. Vichuon sebagai kakak tertua adalah seekor anjing laut jantan yang menjadi jelmaan dari dewa cahaya. Sedangkan, Barame merupakan anjing laut jantan sebagai simbol dari dewa angin. Yang paling bungsu, Chumuro adalah anjing laut betina yang selalu ceria dan menjadi cerminan dewa kebahagiaan.