Lifestyle
Sep25

Ini 9 Maskot Asian Games dari Masa ke Masa

Penasaran dengan maskot Asian Games dari masa ke masa? Kehadiran maskot selalu menarik perhatian karena memiliki desain unik dan keberadaannya yang menjadi identitas tuan rumah suatu kejuaraan. Tak terkecuali dengan Asian Games yang sudah digelar sebanyak sembilan kali ini, di mana kejuaraan pertamanya diselenggarakan di New Delhi, India pada 1982.

Asian Games 1982

maskot-asian-games.jpg

Maskot yang diciptakan pada perhelatan Asian Games 1982 di New Delhi, India adalah seekor gajah asia bernama Appu. Maskot ini merupakan manifestasi dari kesetiaan, kebijaksanaan, dan kekuatan. Appu memakai bindi di dahinya, seperti wanita India, yang merupakan lambang dari OCA (Olympic Council of Asia).

Asian Games 1986

Asian Games 1986 di Seoul, Korea Selatan memiliki maskot seekor harimau bernama Hodori. Sosok bintang harimau dipilih karena sangat erat hubungannya dengan kebudayaan di Korea Selatan. Hodori memakai topi khas petani dengan background huruf S untuk Seoul. Maskot ini juga terlihat tengah mengalungkan sebuah medali. Uniknya, Hodori juga digunakan sebagai maskot pada Olimpiade 1988 di Seoul.

Asian Games 1990

Sosok binatang panda dipilih sebagai maskot Asian Games di Beijing, China. Seekor panda bernama Panpan ini merupakan cerminan dari semangat, persahabatan, dan perdamaian. Panda ini terlihat lucu dengan sebuah medali Tiananmen di tangan kirinya, sambil mengangkat jempol kanannya.

Asian Games 1994

Poppo dan Coccu adalah maskot Asian Games 1994 yang berlangsung di Hiroshima, Jepang. Jika anda mengira bentuk kedua maskot ini terinspirasi dari bebek, maka anda salah. Sebab, keduanya merupakan burung merpati salju. Burung ini melambangkan perdamaian di Asia.

Asian Games 1998

Gajah sebagai binatang khas Thailand dipilih sebagai maskot Asian Games 1998 di Bangkok. Gajah bernama Chaiyo ini merupakan simbol kesucian dan kekuatan. Sedangkan nama Chaiyo berarti keharmonisan, sukacita, kesuksesan, dan kebahagiaan.