Lifestyle
Jul9

Ini 6 Perbedaan Kelinci Jantan dan Betina

perbedaan-kelinci-jantan-dan-betina.jpg

Untuk membedakan jenis kelamin kelinci, baik yang jantan maupun betina, sebenarnya terbilang sangat mudah. Hal ini karena kelinci termasuk binatang mamalia, di mana ciri-ciri fisik kelamin pada hewan mamalia akan terlihat jelas.

Berikut ini poin-poin yang dapat anda perhatikan :

Alat Kelamin

Ciri fisik pertama yang bisa digunakan sebagai pembeda adalah alat kelaminnya. Karena terletak cukup “tersembunyi”, anda harus memposisikan tubuh kelinci sedemikian rupa sehingga bisa melihat alat kelamin tersebut secara jelas. Sama seperti sugar glider, pada kelinci jantan, anda akan menemukan alat kelamin yang berbentuk tabung kecil berwarna merah muda. Sebaliknya, jika anda menemukan suatu garis vertikal berwarna pink, itu tandanya jenis kelamin kelinci tersebut adalah betina.

Bentuk Kepala

Pada umumnya, kepala kelinci jantan berbentuk agak bulat. Sedangkan, kelinci betina memiliki kepala yang agak lonjong. Namun, untuk mencermati faktor pembeda ini diperlukan ketelitian dan pengalaman membudidayakan kelinci.

Ukuran Tubuh

Pada usia yang sama, ukuran tubuh kelinci betina lebih besar dibandingkan kelinci jantan. Hal ini disebabkan oleh kandungan lemak pada tubuh kelinci betina lebih besar. Perbedaan ukuran akan sangat terlihat manakala kelinci tersebut sedang hamil.