Lifestyle
Mar10

Ide Daur Ulang Botol dan Toples Plastik

Mendaur ulang botol dan toples plastik, gimana caranya? Sebenarnya, memanfaatkan kembali dua benda ini tergolong gampang. Tapi tentu saja, butuh sedikit trik agar benda bekas tersebut bisa berubah wujud menjadi benda bernilai.

Saat ini, minuman dan makanan kemasan lumrah dikemas dalam botol dan toples berbahan plastik. Sayangnya setelah minuman dan makanannya habis, kita langsung membuang kemasannya begitu saja. Padahal, kebiasaan ini sangat merugikan karena benda tersebut bisa disulap kembali.

Dari sinilah, arafuru.com mau berbagi ide bagaimanakah cara mengolahnya.

daur-ulang-botol.jpg

Botol Bekas Menjadi Vas Bunga yang Cantik

Vas biasanya didesain dengan cantik dan anggun, serasi dengan bunga di atasnya. Ini kok dari plastik? Di sinilah kelebihan dari vas ini. Langkah awal adalah mewarnai botol terlebih dulu agar tampilannya lebih menarik. Pilih cat berwarna transparan yang mampu melahirkan kesan elegan. Kesan ini bisa anda dapatkan dari jenis warna merah dan turunannya. Pemilihan jenis bunganya pun sedikit tricky. Untuk vas botol, pilih bunga bertangkai panjang, seperti mawar dan anggrek. Sedangkan untuk vas toples, bunganya harus berdaun lebat agar semakin cantik.

Toples untuk Akuarium Ikan Cupang

Seperti kita tahu, ikan cupang akan berkelahi jika dipelihara dalam satu wadah, sehingga harus dipisah-pisah. Dari persepsi umum inilah, maka memelihara ikan cupang di toples-toples plastik akan dianggap wajar. Adapun pengolahannya toples cukup dibersihkan dan diberi air. Agar menarik, letakkan toples-toples ini sejajar dalam satu rak terbuka. Rak berisi akuarium mini ini bisa menjadi hiasan yang unik di kamar mandi, taman, atau ruang tamu.

Tempat Pensil untuk Anak-anak

Tempat pensil anak-anak terbuat dari bahan plastik. Daripada membeli, kenapa tidak membikinnya sendiri. Anda bisa mengajak anak anda ikut serta membuatnya. Potong botol plastik menjadi dua bagian, ambil bagian dasarnya. Lukiskan gambar-gambar hewan atau tokoh kartun di tubuh botol agar semakin lucu. Bisa juga dengan menempelkan aneka manik-manik yang cantik. Untuk toples bisa langsung dihias saja ya.

Wadah untuk Bercocok Tanam

Terakhir, botol dan plastik pun bisa menggantikan pot sebagai media tanam sayuran. Pilih sayur-sayuran yang mudah ditanam, seperti cabai, tomat, daun bawang, kangkung, bayam, dan lainnya. Gantung botol berisi benih ini di dapur atau halaman belakang. Jangan lupa disiram dan diberi pupuk alami, contohnya ampas teh. Jika sudah tumbuh dan berbuah, anda sekeluarga bisa memanennya. Dijamin rasanya lebih enak dan lebih sehat.