Lifestyle
Jul1

Gampang, Cara Menanam Bayam di Dalam Pot

Anda suka bayam? Ingin menanam bayam di dalam pot sendiri? Yuk, ikuti panduan berikut ini!

cara-menanam-bayam-di-dalam-pot.jpg

Bagi penggemar kartun Popeye tentu sudah tahu kan kehebatan dari bayam? Yap, sayur berwarna hijau ini sanggup meningkatkan kekuatan Popeye berkali-kali lipat. Ternyata, kekuatan bayam ini bukan hanya sekadar bualan saja lho. Sebab, bayam mengandung zinc yang tinggi sehingga sangat efektif untuk membantu menjaga kesehatan tubuh kita, terutama mata. Jadi bagi anda yang mengalami gangguan mata, rajin-rajin mengonsumsi sayuran ini ya.

Untuk menanam bayam tidak sulit kok. Anda bisa menanamnya sendiri di rumah. Caranya yaitu :

Alat dan Bahan :

  • Batang/biji bayam
  • Tanah
  • Pupuk kompos
  • Pot; bisa diganti dengan peti kayu
  • Pestisida alami
  • Sekop
  • Sarung tangan
  • Air

Langkah-langkah :

  1. Pertama-tama, siapkan biji bayam yang bisa anda dapatkan di toko-toko pertanian. Biji juga bisa diganti dengan batang bayam sisa, sehingga penanamannya memakai sistem stek.
  2. Selanjutnya, siapkan media tanam berupa tanah berhumus. Sama seperti menanam buah naga, tanah yang dipakai harus diolah dulu ya agar bagus bagi pertumbuhan tanaman. Adapun caranya yaitu dengan mencampurkan tanah, pasir, dan pupuk kompos lalu diaduk rata.
  3. Kemudian, tanah yang sudah siap digunakan itu dimasukkan ke dalam pot/peti kayu. Agar tanah tidak mudah keluar saat disiram, sebaiknya di bagian dasar diberikan pecahan genteng sebagai penahannya.
  4. Langkah berikutnya adalah penanaman bayam. Batang bayam yang sudah disiapkan lalu kita tanamkan pada pot. Penanaman cukup dilakukan dengan mengubur bagian akarnya saja. Biarkan batang tetap berada di luar tanah sehingga daun-daun segar bisa tumbuh dari sana.
  5. Untuk merawat tanaman bayam di pot ini tidak susah kok. Anda cukup menyiramnya dua kali sehari secara teratur. Jangan lupa juga, pantau terus kondisi bayam dan pastikan terhindar dari hama dan penyakit.
  6. Bayam dan kangkung termasuk tanaman yang cepat tumbuh lho. Jadi, hanya dalam waktu kurang dari sebulan saja anda bisa langsung memanennya.

    Selamat mencoba! 😀