Fungsi Tanaman untuk Membuka Ruang Ekologi

Ada sesuatu yang sering kita lupakan saat kita membangun rumah yaitu fungsi ekologi yang sarat dengan harmonisasi alam. Kondisi seperti ini jika terus menerus dilakukan pada akhirnya akan membawa pada ketidakseimbangan alam sehingga akibatnya akan merusak kondisi alam kita. Saat ini hampir sebagian besar orang melihat ruang hanya berdasarkan ego akan unsur estetika dan gaya yang sebenarnya hanya bersifat kosmetik. Saat ini kita harus mengubah mindset masyarakat tentang keberadaan suatu bangunan. Bangunan harus menjadi satu dengan ekosistem di lingkungannya dan tidak boleh terlepas dari environment dan entitas sosial.

Kebanyakan masyarakat masih berpikir jika ada tanah kosong maka dengan seenaknya mereka akan membangun sebuah bangunan tanpa memperhatikan faktor-faktor lingkungan. Seperti kasus menebang pohon tanpa mempelajari terlebih dahulu berfungsi atau tidaknya pohon dalam lahan tersebut. Karena bisa jadi pohon ini merupakan kekuatan dari ruang yang akan dibangun mungkin memiliki fungsi-fungsi meresap air dan lain-lain.

tanaman-di-rumah.jpg

Usaha menyatukan bangunan dengan alam sebenarnya bukan merupakan suatu usaha yang memerlukan biaya besar melainkan juga bisa dilakukan dengan biaya yang minimum. Untuk melakukannya, masyarakat harus bisa memberi tempat untuk tanaman di lingkungan rumahnya. Penciptaan ekologi yang sehat dapat dimulai dari lingkungan rumah hunian. Dalam kehidupan ini, hakikatnya manusia yang butuh pohon bukan pohon yang butuh manusia. Oleh karena itu, setiap bangunan rumah meskipun hanya memiliki kavling yang kecil tetap harus memelihara tanaman.

Fungsi tanaman dalam lingkungan rumah mempunyai dua kegunaan utama yaitu fungsi psikis dan estetika. Ketika kita hidup di dalam bangunan yang keras, saat itu juga kita membutuhkan sebuah kesegaran dan energi positif melalui tanaman. Artinya kita tidak bisa terlepas dari elemen energi tersebut. Hal ini akan mendorong terjadinya gerak psikologis kita secara baik.

Sementara fungsi yang berikutnya adalah fungsi estetika. Memang dalam hidup, keindahan merupakan bagian yang juga penting. Keindahan inilah yang menjadi dasar dari sebuah nilai estetika. Namun untuk mewujudkan nilai estetika dalam konsep penataan lingkungan rumah hunian, para arsitek harus mampu membuat komposisi yang benar dalam membuat landscaping-nya antara keindahan dengan keserasian alam itu sendiri.

Ketika kita ingin menanam sebuah jenis tanaman di rumah kita, hal yang sangat diperlukan adalah bagaimana penataan ruang untuk tanaman yang dihadirkan harus mendukung pertumbuhan tanaman tersebut. Dan ada hal yang sangat penting dalam mengembangkan ide ini yaitu perlunya pemahaman logika tanaman dari para arsitek taman karena setiap tanaman atau tumbuh-tumbuhan memiliki logikanya sendiri.