Fungsi Mesin Reverse Osmosis (RO)

Apakah fungsi dari mesin reverse osmosis? Pada dasarnya, reverse osmosis machine atau mesin osmosa terbalik berguna untuk memurnikan air. Di dalamnya terdapat membran yang sangat halus sebagai penyaring air. Ukuran membran tersebut cuma  sekitar 0,0001 mikron. Anda bisa membayangkan ukuran ini seperti sehelai rambut yang dipotong menjadi sejuta helai rambut yang sangat tipis.

Kecilnya ukuran membran yang dipakai dalam mesin RO membuat semua kotoran pasti akan tertahan oleh membran tersebut dan hanya air (H2O) yang bisa melewatinya. Sebenarnya air juga tidak sanggup melewati membran, tetapi karena diberikan tekanan semipermeable sehingga air seolah-olah didorong serta dipaksa melewati membran ini. Hasilnya adalah air yang berhasil melewati membran benar-benar murni H2O yang tidak terkontaminasi.

Kegunaan utama mesin reverse osmosis ialah memproduksi air yang higienis. Air tersebut bebas dari kontaminan seperti mineral dan logam berat lainnya. Jadi air yang dihasilkan dari mesin ini memiliki kualitas yang mendekati murni. Air semacam ini biasanya disebut air demineralisasi.

Saat ini, mesin RO banyak digunakan oleh industri pengolahan dari skala kecil, menengah, hingga besar. Bahkan pemakaiannya pun sudah mencakup seluruh negara. Misalnya pemerintah Negara Singapura dan Saudi Arabia yang menggunakan mesin RO untuk mencukupi kebutuhan air bersih bagi warga negaranya. Tidak hanya air tawar, filter RO juga sanggup mengolah air asin dari laut menjadi air tawar sehingga layak untuk dikonsumsi.

Mesin reverse osmosis merupakan salah satu penemuan hebat yang sangat berguna untuk mendukung kelangsungan hidup manusia karena dapat memurnikan air dalam kondisi apapun. Tak heran kalau penggunaan mesin ini sekarang sudah semakin luas untuk mendapatkan air dengan kualitas yang lebih baik. Di bawah ini beberapa penerapan mesin RO yang dilakukan oleh manusia :

fungsi-mesin-reverse-osmosis.jpg

  1. Air Minum Rumah Tangga

Teknologi reverse osmosis utamanya digunakan dalam proses pengolahan air rumah tangga sehingga langsung layak untuk diminum. Benar sekali, air yang telah diolah menggunakan mesin RO benar-benar aman untuk langsung dikonsumsi tanpa perlu merebusnya terlebih dahulu. Tetapi air yang digunakan sebagai bahan baku harus sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan No. 416. Adapun tipe mesin RO yang paling banyak dipakai oleh skala rumah tangga yaitu dispenser RO dan undersinc.

  1. Depot Air Minum Isi Ulang

Anda sudah mempunyai mesin RO tetapi kemampuannya terlalu besar sehingga tidak habis bila digunakan sendiri? Daripada mubazir, Anda bisa membuka depot air minum isi ulang. Sebelumnya depot air minum masih memakai teknologi sederhana untuk mengolah air baku. Sehingga kualitas air yang dihasilkan sangat dipengaruhi oleh kualitas air baku. Dengan memanfaatkan mesin RO, mutu dari air hasil produksi bisa lebih ditingkatkan lagi. Kebanyakan depot air minum menggunakan mesin RO yang telah dilengkapi membran RO.

  1. Pabrik Air Minum Kemasan

Orang-orang pada zaman dahulu menertawakan penjual air minum. Namun waktulah yang membuktikan kalau air minum yang berkualitas bagus benar-benar dibutuhkan oleh manusia. Pabrik air minum kemasan biasanya menggunakan mesin RO dalam tahap awal produksi. Selanjutnya air yang telah murni ini akan diproses lebih lanjut menggunakan teknologi tertentu sehingga kualitasnya sesuai dengan target perusahaan. Misalnya seperti air beroksigen, air alkaline, air antioksidan, dan air hexagonal.

  1. Air untuk Industri

Perusahaan yang menggunakan mesin boiler, mesin chiller, dan mesin water cooler lebih menyukai pemakaian air yang telah diproses mesin RO. Alasannya karena air tersebut sudah murni sehingga tidak merusak bahan baku yang dipakai. Air tersebut juga bebas dari zat kapur dan logam berat sehingga tidak menyebabkan kerusakan pada mesin produksi. Selain sebagai demineralisasi, perusahaan juga memakai mesin ini untuk keperluan softener.

  1. Pengolahan Air Payau dan Air Laut

Para pelaku industri kini mulai memanfaatkan air payau dan air laut untuk diolah sedemikian rupa sehingga bisa dikonsumsi oleh manusia dengan aman. Mereka menghilangkan kandungan garam di dalam air tersebut menggunakan mesin reverse osmosis. Mesin ini terbukti secara efektif mampu memisahkan partikel-partikel garam yang terlarut di dalam air. Faktanya anggaran biaya yang diperlukan untuk mengolah air payau/laut memakai mesin RO lebih murah daripada mesin distilasi.