Lifestyle
Feb23

Ciri-ciri Landak Mini yang Sedang Hamil

Tahukah anda, landak mini berkembang biak dengan cara melahirkan (vivipar). Biasanya, proses kehamilan ini terjadi pada landak mini dewasa yang telah berumur di atas 6 bulan dan siap melakukan perkawinan. Sebagai pemilik, anda perlu mengetahui tanda-tanda kehamilan pada landak mini peliharaan anda tersebut agar bisa memberikan tindakan yang tepat untuk mendukung masa kehamilannya.

ciri-ciri-landak-mini-hamil.jpg

Apa saja ciri-ciri landak mini betina yang sedang hamil?

  1. Terlihat Menghindar dari Si Jantan : Tanda awal yang paling mencolok dari landak mini yang sedang hamil adalah gerak-geriknya yang tampak seperti menjauh dari si jantan. Bahkan tak jarang si betina ini tampak sangat agresif dan mengigit si jantan supaya menjauhinya.
  2. Bagian Perutnya Terasa Kencang dan Mengembang : Bagian perut juga bisa menjadi indikator bahwa landak mini yang anda pelihara tengah hamil. Jika biasanya perut landak tersebut terasa kendor saat diraba, maka ketika hamil perutnya terasa kencang karena lebih mengembang. Tanda ini akan semakin terlihat jelas saat masa kehamilan telah mencapai usia 2 minggu.
  3. Bagian Putingnya Semakin Terlihat Jelas : Perhatikan juga puting landak mini tersebut. Hedgehog yang sedang hamil mempunyai puting yang lebih keluar, tampak jelas, dan terlihat berisi padat.
  4. Nafsu Makannya Semakin Bertambah Besar : Sama seperti mamalia lainnya, landak mini yang sedang hamil juga semakin doyan makan. Selera makannya bertambah meningkat bahkan sampai 2-3 kali dari biasanya. Namun anda tetap harus memperhatikan bobotnya jangan sampai overdosis dan membahayakan kesehatannya.
  5. Ukuran Kotoran/Pupnya Lebih Besar : Karena lebih doyan makan, maka pup landak mini yang hamil juga terlihat lebih besar daripada biasanya. Begitupun dengan baunya yang juga sangat menyengat. Tentu sebagai pemilik, anda harus selalu menjaga kebersihan kandang agar tidak menimbulkan suatu penyakit bagi kehidupan si landak mini.