Lifestyle
Sep1

Cara Mudah Menanam Cabai di Dalam Pot

cara-menanam-cabai-di-pot.jpg

Anda ingin menanam cabai di dalam pot namun bingung memulainya? Cabai merupakan salah satu jenis tumbuhan yang mudah ditanam. Perawatannya pun bisa dibilang tidak terlalu merepotkan. Hanya dengan berbekal biji-biji cabai yang ada di dapur, anda bisa mempunyai kebun cabai di rumah sendiri.

Alat dan Bahan :

  • Cabai yang sudah tua/berwarna merah
  • Pot ukuran sedang; bisa diganti dengan ceting, botol, toples, atau kaleng
  • Sekop
  • Tanah kebun/berhumus
  • Pupuk kompos
  • Ember besar
  • Langkah-langkah :

    1. Pengolahan Tanah

    Pengolahan tanah bertujuan untuk menyesuaikan kondisi, bentuk, dan struktur tanah sehingga menjadi suatu tanah yang ideal untuk ditanami. Pertama-tama, masukan tanah kebun (berhumus) ke dalam ember besar, kemudian hancurkan menjadi serpihan-serpihan kecil. Hindari menggunakan tanah yang terlalu liat karena nantinya akan menyulitkan gerak dari akar cabai dalam mendapatkan air dan nutrisi. Selanjutnya, tambahkan pupuk kompos secukupnya lalu aduk kembali agar kedua bahan ini tercampur rata.

    2. Pengisian Pot

    Setelah campuran tanah selesai diolah, kemudian tanah tersebut dimasukkan ke dalam pot-pot sampai penuh. Setelah itu, gali bagian tengah pot dengan kedalaman 5 cm sebagai tempat menaruh biji cabai.

    3. Pemilihan Bibit Cabai

    Buah cabai yang akan digunakan sebagai bibit hendaknya sudah berumur tua, berwarna merah pekat, dan berukuran sempurna. Iris cabai tersebut secara memanjang lalu masukkan ke dalam pot dan kubur kembali. Nantinya, satu biji cabai akan ditanamkan ke dalam satu buah pot.

    4. Penyemaian

    Selama masa penyemaian, anda cukup meletakkan pot di tempat yang teduh dan cukup mendapat sinar matahari. Hindari meletakkan pot di lingkungan terbuka karena dikhawatirkan akan terkena hujan yang akan merusak tanaman.