Lifestyle
Feb22

Cara Mengobati Landak Mini yang Sakit Diare

Bagaimana cara mengobati landak mini yang sakit diare? Salah satu penyakit landak mini yang menjadi momok bagi para penghobi adalah diare. Apabila tidak segera ditangani dengan benar, kesehatan landak yang terkena penyakit ini akan terus drop dan mati. Oleh sebab itu, penanganan yang tepat akan sangat membantu memulihkan kondisi binatang peliharaan anda tersebut.

cara-mengobati-landak-mini-yang-diare.jpg

Pada umumnya, landak mini yang terjangkit diare ditandai dengan gerak-gerik tubuhnya yang lemas, termasuk tidak mau makan dan minum. Dalam kesehariannya, si landak mini tersebut terlihat banyak berdiam diri dan ogah-ogahan di dalam kandang.

Kesehatan landak mini juga bisa dilihat dari indikator bentuk dan wujud kotorannya. Kotoran berwarna kehijau-hijauan dan berlendir merupakan tanda awal jika landak mini yang anda pelihara terkena diare. Apabila kondisi tubuhnya semakin menurun, bentuk kotoran ini lama-kelamaan akan semakin encer. Bahkan jika kesehatannya kian parah, landak mini pun akan muntah-muntah.

Sebagai bentuk pertolongan pertama, anda bisa mengobati landak mini dengan cara berikut ini :

  1. Berikan air madu atau sari kurma secara berkala ke landak mini tersebut dengan menggunakan bantuan selang. Hal ini dilakukan untuk mencegah kondisi landak dari dehidrasi yang bisa menyebabkan kesehatannya semakin menurun.
  2. Usahakan kondisi kandang landak mini selalu dalam keadaan bersih. Mengingat sedang diare, maka akan banyak kotoran landak bertebaran di segala sudut kandang. Sehingga dibutuhkan ketelatenan anda untuk menghilangkan kotoran-kotoran tersebut setiap saat.
  3. Pastikan air minum selalu tersedia dan diganti secara berkala untuk menjaga kesegaran dan kebersihannya. Sedangkan untuk masalah pakan, sebaiknya anda memberikan pakan yang mampu merangsang nafsu makan si landak mini seperti ulat hongkong.
  4. Untuk obat, anda bisa memberikan landak mini yang terkena diare tersebut dengan Diatab yang dicampur air minum menggunakan dosis 1/16. Berikan obat yang berguna untuk menghentikan pup ini sebanyak 2 sampai 3 kali sehari dengan bantuan selang.
  5. Selain Diatab, dianjurkan juga memberikan norit untuk menetralisir racun di tubuh si landak mini. Pemberian norit dilakukan setelah diare terlihat berhenti.

Meskipun terbilang sebagai penyakit mematikan, peluang untuk sembuh bagi landak mini yang terkena diare tergolong besar. Ketelatenan dan semangat juang anda sebagai pemilik juga banyak mempengaruhi pemulihan daya kesehatan landak mini tersebut. Selamat mencoba, semoga landak mini kesayangan anda sehat kembali.