Lifestyle
Feb25

Cara Mengisi Air Akuarium agar Cepat Jernih

Bagaimana cara mengisi air akuarium agar cepat jernih? Memelihara biota-biota air di akuarium merupakan kesenangan tersendiri bagi sejumlah orang. Bayangkan, betapa tingkat kepuasannya bilamana seseorang berhasil menghadirkan habitat air di dalam rumahnya.

cara-mengisi-akuarium-cepat-jernih.jpg

Salah satu rutinitas yang secara berkala harus dilakukan oleh para penghobi ikan hias adalah mengisi kembali akuariumnya dengan air yang baru. Cuma saat proses awal mengisi air ini, besar sekali kemungkinan kondisi akuarium akan menjadi keruh. Sehingga kita perlu menunggu dalam waktu yang cukup lama sampai airnya tenang dan jernih kembali.

Padahal ada tipsnya lho agar air akuarium ini cepat jernih.

Alat dan Bahan :

  • Akuarium
  • Tas plastik/kresek ukuran besar
  • Aksesoris akuarium (wood, substrat, filter, tanaman, dll)
  • Gunting
  • Selotip lakban

Langkah-langkah :

  1. Siapkan semua peralatan dan bahan yang dibutuhkan di atas. Pastikan kesemuanya telah dicuci hingga benar-benar bersih.
  2. Letakkan akuarium pada tempat yang dikehendaki. Kemudian, tatalah aksesoris-aksesoris penghias ke dalam akuarium tersebut di sudut yang tepat.
  3. Ambil beberapa lembar kresek, lalu gunting menjadi dua bagian agar ukurannya bertambah lebar. Pastikan luas lembaran plastik kresek ini dua kali lebih besar dibandingkan dengan luas dasar akuarium. Apabila kurang lebar, anda bisa menyambung beberapa lembar plastik kresek tadi menjadi satu dengan bantuan lakban.
  4. Setelah ukuran lembaran kresek yang dibutuhkan tersedia, selanjutnya lipat kembali plastik kresek tersebut.
  5. Masukkan plastik ini ke dalam akuarium sebagai penutup untuk melindungi dasar akuarium dari guyuran air. Usahakan seluruh bagian dasar akuarium tertutupi semua oleh kresek, termasuk aksesoris-aksesorisnya.
  6. Dengan hati-hati, tuangkan air secara perlahan ke atas plastik kresek pelindung tadi. Dengan teknik ini, air tidak akan mengenai bagian substrat secara langsung sehingga kejernihannya tetap terjaga.
  7. Pada saat ketinggian air akuarium sudah mencapai lebih dari 10 cm, anda bisa menambah kecepatan guyuran air namun tetap harus berhati-hati. Lanjutkan pengisian air akuarium ini sampai batas yang dikehendaki.
  8. Bagaimana dengan kresek pelindung dasar akuarium tadi? Karena terbuat dari bahan plastik, ketika berada di air otomatis lama-kelamaan kresek akan mengapung mengikuti ketinggian air akuarium. Jadi, setelah air kolam sudah cukup tinggi, anda bisa mengangkat kresek tadi dengan mudah. Lakukan hal ini secara perlahan-lahan agar tidak menimbulkan gelombang air kuat yang bisa mengeruhkan isi akuarium.
  9. Sebagai langkah terakhir, anda bisa menyalakan filter akuarium untuk membantu proses penjernihan dan penormalan kondisi akuarium. Jangan lupa masukkan bakteri dan mineral pelengkap akuarium yang dibutuhkan.