Lifestyle
Apr13

Cara Mengatasi Air Kolam Ikan Koi Berwarna Hijau

Bagaimana cara mengatasi kolam ikan koi yang berwarna hijau? Apa penyebab dari kondisi kolam menjadi seperti ini? Apa saja upaya-upaya yang tepat untuk dilakukan agar air kolam kembali jernih tanpa mengganggu kesehatan ikan koi?

cara-mengatasi-air-kolam-berwarna-hijau.jpg

Di antara berbagai masalah yang sering timbul pada suatu kolam ikan, air berwarna hijau adalah masalah yang paling sering terjadi. Hampir semua penghobi ikan hias, khususnya ikan yang dipelihara di kolam, pernah merasakan masalah ini.

Apa Penyebabnya?

Tahukah anda, warna hijau di dalam air kolam sebenarnya merupakan tumbuhan alga yang hidup dalam jumlah yang sangat banyak. Alga sendiri merupakan sejenis tanaman ganggang yang memiliki ukuran tubuh super kecil (fitoplankton). Tumbuhan ini bisa hidup subur dikarenakan air di kolam mengandung amonia dan oksigen, serta mendapatkan sinar matahari untuk mendukung proses fotosintesis. Dari ketiga unsur inilah, maka alga bisa tumbuh dan berkembang biak di dalam kolam.

Lantas, darimana kah asal datangnya amonia ini? Amonia, ada juga yang menyebutnya dengan nitrat, merupakan penyebab utama air kolam berwarna hijau. Sumber dari munculnya zat ini berasal dari kotoran-kotoran yang ada di dalam kolam, baik itu kotoran ikan, bangkai hewan, sisa umpan, dan daun-daun yang membusuk. Jadi, bisa disimpulkan bahwa semakin kotor kondisi suatu kolam ikan koi, maka semakin cepat pula pertumbuhan alga di kolam tersebut.

Berikut ini hal-hal yang mempengaruhi tingkat pertumbuhan alga di air kolam, yaitu :

  • Sinar matahari yang mengenai kolam; semakin banyak daerah di kolam koi yang terkena sinar matahari, maka semakin cepat pula pertumbuhan alga.
  • Suhu air kolam; semakin tinggi suhu pada air kolam, maka semakin cepat pula pertumbuhan alga di sana.
  • Kandungan amonia di dalam air; semakin banyak kandungan amonia di air, maka semakin cepat juga tingkat pertumbuhan alga.

Jika alga dibiarkan tumbuh di kolam, akibatnya tidak hanya air kolam menjadi hijau dan tidak sedap dipandang mata. Lebih dari itu, alga sangat berbahaya bagi perkembangan dan kesehatan ikan koi yang anda pelihara.

Bagaimana Cara Mengatasinya?

Ada beberapa solusi yang Arafuru.com miliki untuk mengatasi kondisi ini, antara lain :