Lifestyle
Jun9

Cara Menata Interior Rumah Berdasarkan Feng Shui

Menata interior rumah berdasarkan feng shui umumnya bertujuan untuk menciptakan keharmonisan suasana dan desain di seluruh rumah. Penataan rumah yang kami maksud kali ini tidak selalu mengarah ke penciptaan rumah bertipe Zein, melainkan lebih ke bagaimana membentuk interior yang memiliki energi positif untuk mendukung aktifitas penghuninya dan memaksimalkan fungsi dari ruangan tersebut.

Sebagai contoh, ruang kerja membutuhkan suatu energi yang bisa mendorong penghuninya untuk aktif dan meraih kesuksesan. Berbeda dengan kamar tidur yang lebih memerlukan energi yang lembut dan menenangkan. Di sinilah peran feng shui pada dekorasi interior yang anda buat.

menata-interior-rumah.jpg

Adapun kegunaan feng shui lainnya adalah untuk membuat suatu rumah yang penuh dengan kebahagiaan, kemakmuran, dan kasih sayang. Oleh karena itu, prinsip desain yang dipakai pun agak sedikit berbeda dengan prinsip-prinsip pada umumnya. Namun jangan khawatir, rumah yang ditata dengan memakai kaidah feng shui justru akan lebih terasa harmonis.

Sebelum proses penataan ini dimulai, pertama-tama anda harus memastikan seluruh interior telah bebas dari energi lama sehingga energi baru pun keluar dan menyelemutinya. Bagaimana caranya? Mulailah dengan membersihkan semua hal yang berantakan dan merapikannya kembali. Di dalam feng shui, rumah harus selalu rapi agar aliran energi bergerak dengan lancar dan tidak terhalangi oleh benda-benda yang berserakan.

Berikut ini langkah-langkah cara menata rumah menurut ilmu feng shui selengkapnya :

1. Atur Sirkulasi Udara dan Cahaya

Udara dan cahaya berperan penting dalam feng shui. Kualitas udara dan cahaya yang baik akan menghasilkan Chi (energi feng shui) yang baik pula. Jadi, dengan memastikan rumah selalu rapi, kedua elemen ini akan mengalir dengan lancar.

2. Cari Tahu Bagua dari Rumah

Penggunaan bagua untuk mengetahui peta energi rumah berfungsi sebagai gambaran seperti apa kondisi di rumah anda. Hal ini pula yang akan mendasari warna cat apa yang dipakai, lukisan apa yang akan dipajang, bagaimana menata furnitur di masing-masing ruangan, dan sebagainya.

3. Gunakan Warna yang Tepat

Di langkah ketiga, anda akan mencari tahu warna apa yang akan dipakai oleh setiap ruangan, tentunya harus didasarkan pada bagua. Apakah memakai warna biru itu tepat untuk kamar tidur atau warna merah? Di sinilah anda akan mempelajarinya.

4. Tambahkan Aksesoris yang Berguna

Tentu anda tidak ingin rumah terlihat kosong tanpa aksesoris kan? Nah, setelah anda mengetahui peta energi di rumah, anda bisa menentukan aksesoris apa yang sebaiknya ada di rumah. Misalnya adalah kolam ikan apa, patung-patung seperti apa, dan sebagainya.

5. Menemukan Posisi yang Terbaik

Setelah anda membuat list berisi furnitur dan aksesoris apa yang akan digunakan, selanjutnya adalah menentukan tata letak dari benda-benda tersebut. Sekali lagi, penentuan posisi ini pun harus didasarkan pada bagua dan ada banyak aspek lain yang juga akan mempengaruhinya. Oleh karena itu, kami akan membahasnya lebih lengkap pada artikel berikutnya.

Ketika anda menata rumah berdasarkan pada feng shui, sangat penting bagi anda untuk memperhatikan seluruh interior rumah bukan masing-masing ruangan secara terpisah. Hal ini sejalan dengan tujuan semula yaitu menciptakan seluruh interior yang terangkai secara harmonis.