Lifestyle
Aug23

Cara Menanam Jeruk Nipis di Pot dari Biji

cara-menanam-jeruk-nipis.jpg

Anda ingin menanam jeruk nipis di dalam pot? Siapa tak kenal jeruk nipis? Buah dengan berjuta manfaat ini dapat dijadikan sebagai bumbu masak dan sangat ampuh menghilangkan bau amis. Rasanya yang asam dan segar juga membuat jeruk nipis seringkali ditemukan dalam aneka olahan minuman.

Sebagai obat, jeruk nipis seringkali dijadikan sebagai obat batuk. Cukup mencampurkan air jeruk nipis dengan kecap, maka batuk pun hilang seketika. Tak hanya itu saja, jeruk nipis juga sering digunakan sebagai pembersih alami.

Sama seperti tanaman jeruk purut, ada dua metode yang sering dipakai untuk mengembangbiakan tanaman jeruk nipis ini. Metode pertama adalah secara generatif yaitu melalui biji. Sedangkan, metode kedua secara vegetatif adalah okulasi dan cangkok.

Apabila anda tertarik untuk menanamnya di rumah, silahkan ikuti panduan berikut ini :

Alat dan Bahan :

  • Buah jeruk nipis matang
  • Pot dengan kedalaman minimal 30 cm
  • Tanah kebun
  • Pupuk kompos
  • Pupuk kandang
  • Pecahan genteng
  • Lilin
  • Gunting
  • Pisau

Langkah-langkah :

  1. Belah buah jeruk nipis menjadi dua bagian. Hati-hati jangan sampai bijinya terluka akibat terkena mata pisau.
  2. Simpan biji jeruk nipis tersebut di tempat yang sejuk dan kering. Biarkan diangin-anginkan selama 3 hari untuk membersihkan lapisan lendir yang menempel di permukaannya.
  3. Sembari menunggu biji siap disemai, anda dapat membuat media tanam berupa campuran tanah dan pupuk kompos. Aduk rata sambil sesekali dihancurkan bongkahan tanahnya agar gembur.
  4. Setelah media tanam telah siap, isikan media tersebut ke dalam pot cukup setengahnya saja. Jangan lupa berikan alas berupa pecahan genteng agar media tanam tersebut tidak mudah hanyut.
  5. Lalu, masukkan pupuk kandang di atas media taman tadi dengan ketebalan 3-5 cm. Ingat, biarkan kedua media ini terpisah dan tidak perlu dicampur.
  6. Selanjutnya, masukkan kembali campuran tanah dan pupuk kompos di lapisan teratas. Biarkan strukturnya tetap gembur dan jangan dipadatkan.
  7. Setelah 3 hari berlalu, anda dapat mulai membenihkan biji jeruk nipis di dalam pot.
  8. Buatlah lubang tanam dengan kedalaman sekitar 3-5 cm. Selanjutnya, masukkan biji jeruk nipis ke dalam lubang tadi. Maksimal, satu pot sebaiknya diisi dengan tiga biji agar setelah tumbuh besar nanti, tanaman-tanaman tersebut tidak saling berebut nutrisi.
  9. Selama proses penyemaian, pot sebaiknya diletakkan di tempat yang mendapatkan sinar matahari cukup dan terlindung dari curah hujan agar tumbuh optimal. Misalnya di teras depan, teras belakang, dan pinggir jendela.
  10. Setelah berumur 5 bulan dengan tinggi mencapai 25 cm, pot bisa dipindahkan ke tempat yang lebih terbuka. Jeruk nipis juga sangat cocok sebagai salah satu tanaman di taman minimalis.
  11. Perawatan pohon jeruk nipis cukup dilakukan dengan menyiramnya secara rutin sehari sekali atau tergantung kondisi tanah di pot tersebut. Penyiraman yang terlalu sering tentu akan menyebabkan tanaman membusuk.
  12. Jangan lupa lakukan juga pemangkasan secara berkala, terutama pada cabang yang sakit. Selanjutnya, bekas pemotongan tersebut dapat ditutup dengan cairan lilin agar tidak menjadi sumber masuknya penyakit.
  13. Pada usia 8 bulan, tanaman jeruk nipis sudah mulai berbuah. Kini, anda dapat merasakan segarnya buah jeruk nipis yang ditanam sendiri.

Selamat mencoba ya!