Cara Membuat Lampu Hias Natal Sendiri

Bagaimana cara membuat lampu hias sendiri? Hari Natal akan segera tiba sebentar lagi. Itu tandanya, Anda masih mempunyai waktu yang cukup untuk mempersiapkan rumah dengan sebaik-baiknya. Pastikan Anda telah siap menyambut para tamu yang akan datang berkunjung. Buatlah suasana tempat tinggal menjadi terasa nyaman dan terlihat menarik supaya dapat meninggalkan kesan yang begitu mendalam.

Hari Natal tidak akan sempurna tanpa adanya pernik-pernik di rumah. Anda bisa menciptakan suasana yang semarak dengan memajang berbagai hiasan menarik di sudut-sudut interior. Usahakan pilih hiasan yang erat kaitannya dengan perayaan Hari Natal sehingga nuansanya pun sangat kental. Di antaranya seperti pohon pinus, pohon cemara, bintang, lonceng, boneka salju, santa, rusa, kue jahe, dan tentunya lampu hias.

Anda bisa membeli berbagai aksesori untuk keperluan dekorasi rumah khas Natal di toko-toko terdekat. Kalau mau yang lebih praktis, beli saja secara online di AlatPerabotan.com. Terdapat banyak sekali pilihan lampu hias yang pasti akan memuaskan hasrat dan selera desain yang Anda miliki. Jika menginginkan lampu hias yang eye-catching, Anda bisa membuatnya sendiri. Mudah sekali kok untuk membikin lampu hias buat perayaan Hari Natal.

cara-membuat-lampu-hias.jpg

Lampu Hias dari Gulungan Tisu

Alat dan bahan :

  • Kertas tisu
  • Kertas tahan panas
  • Potongan bambu
  • Tang
  • Cutter
  • Kawat
  • Gunting
  • Lem putih

Cara Membuat :

  1. Siapkan potongan-potongan bambu yang memilik panjang 10 cm. Satukan sedemikian rupa semua potongan bambu tersebut menjadi kerangka yang berbentuk bola.
  2. Untuk menyambung antara potongan bambu yang satu dengan lainnya, Anda bisa menggunakan kawat. Ikatkan tali kawat ini persis di bagian sambungan sehingga dapat menahan bentuk bola yang sempurna.
  3. Siapkan bohlam LED yang memiliki cahaya berwarna putih atau kuning supaya kelihatan lebih elegan. Sambungkan bohlam tersebut dengan kap lampu dan kabelnya. Setelah itu, tempat bohlam ini di dalam kerangka bambu.
  4. Buatlah pola persegi di atas permukaan kertas tahan panas dengan ukuran sesuai ukuran kerangka lampu yang telah dibuat. Selanjutnya kertas tahan panas ini dipotong menurut garis pola.
  5. Potongan kertas lampion lantas ditempelkan di atas bidang kerangka. Oleskan salah satu permukaannya dengan lem putih terlebih dahulu, kemudian tempelkan di kerangka bambu dengan hati-hati.
  6. Setelah kertas tahan panas sudah menutupi seluruh bagian kerangka, kini waktunya untuk mempercantik lampu hias Anda. Oleskan lem putih di permukaan luar kertas tahan panas. Selanjutnya tempelkan gulungan kertas tisu di atasnya.
  7. Lampu hias yang sudah jadi bisa Anda gantungkan tepat di tengah-tengah ruangan atau ditempatkan di atas salah satu rak dinding. Coba nyalakan lampu tersebut dengan menghubungkan stop kotaknya ke terminal listrik. Maka hasilnya cahaya yang dikeluarkan oleh lampu hias tadi pun tampak lebih menarik.