Lifestyle
Dec9

Cara Membuat Kartu Ucapan Selamat Natal

Anda ingin membuat kartu ucapan selamat natal sendiri? Caranya gampang banget dan dijamin Anda pasti langsung bisa menirunya. Bulan Desember selalu identik dengan Hari Natal. Anda tentu sudah tidak sabar menunggu lagi tanggal 25 segera tiba, kan? Sebelum perayaan natal dimulai, apakah Anda yakin sudah menyiapkan semuanya dengan tepat? Bagaimana dengan kartu ucapan selamat natal dan tahun baru? Jangan sampai kelewatan loh!

Bukan sekadar kertas bergambar, kartu ucapan pada hakikatnya menunjukkan rasa kepedulian dan kecintaan Anda kepada orang-orang yang diberikan kartu tersebut. Kasih sayang Anda sepenuhnya dicurahkan ke dalam selembar kartu yang bertuliskan Merry Christmas and Happy New Year. Tak ayal, kartu ucapan pun menjadi salah satu benda wajib yang harus ada di setiap perayaan natal sebagai simbol dari kepedulian.

Memang benar, Anda bisa dengan mudah membeli kartu ucapan selamat natal di toko-toko terdekat. Modelnya pun ada banyak sekali. Semua desain kartu ucapan tersebut begitu menarik dengan beragam warna dan motif yang menghiasinya. Namun sayangnya kartu ucapan tersebut tidak mengandung rasa cinta Anda yang sesungguhnya. Alangkah lebih baik apabila Anda membuat kartu ucapan natal sendiri daripada membeli yang sudah jadi.

Sebenarnya tidak terlalu sulit kok untuk membuat kartu ucapan selamat natal ini. Apalagi jika Anda memiliki jiwa seni yang tinggi, kreativitas tanpa batas, dan suka membuat kreasi dari kerajinan tangan. Pekerjaan ini akan terasa sangat menyenangkan dan menantang! Nah guna membantu Anda mendapatkan inspirasi kartu ucapan natal buatan tangan yang bagus, kami berikan contoh-contoh gambar dan panduan membuatnya!

Kartu dengan Foto Sendiri

kartu-ucapan-natal.jpg

Zaman sekarang orang-orang suka sekali ber-selfie ria. Kami yakin Anda pun pasti selalu melakukannya setiap hari? Jika Anda perhatikan dengan seksama, dari ribuan foto yang telah Anda ambil menggunakan kamera ponsel tersebut, ada beberapa foto yang kualitasnya bagus sekali. Seolah-olah foto tadi diambil oleh seorang fotografer profesional. Anda bisa narsis sedikit dengan memanfaatkan foto-foto ini sebagai kartu ucapan. Tinggal edit sedikit saja menggunakan software editing gambar, maka kartu ucapan natal impian Anda sudah jadi.

Kartu dengan Potongan Kain

kartu-ucapan.jpg

Mungkin ada banyak sekali potongan kain-kain perca yang berhamburan di rumah Anda? Daripada dibuang atau dibakar begitu saja, cobalah membuatnya menjadi kartu ucapan yang berbeda daripada milik orang lain. Potonglah kain tersebut membentuk suatu gambar yang erat kaitannya dengan perayaan natal dan tahun baru. Contohnya seperti pohon cemara, pohon pinus, bintang, salju, rusa, boneka salju, lonceng, lampu, dan lain-lain. Setelah itu, tempelkan potongan-potongan kain tadi di atas selembar kertas menggunakan lem.

Kartu dengan Ranting dan Daun

cara-membuat-kartu.jpg

Anda yang mengaku sebagai seorang pencinta alam jangan sampai membuat kartu ucapan natal yang biasa-biasa saja. Silakan kumpulkan ranting, daun, dan bunga kering untuk dikreasikan menjadi sebuah kartu yang unik. Bila perlu, tambahkan pula manik-manik, glitter, kancing baju, atau hiasan lainnya. Jangan lupa juga ya untuk menuliskan kalimat Selamat Natal dan Tahun Baru di salah satu sisinya. Kini kartu ucapan dengan desain natural pun berhasil diciptakan.

Kartu dengan Sidik Jari

membuat-kartu-ucapan-natal.jpg

Sidik jari merupakan salah satu identitas bagi semua orang. Antara satu individu dengan individu lainnya pasti mempunyai sidik jari dengan pola yang berbeda-beda. Tanpa Anda sadari, sidik jari ternyata bisa juga dipakai untuk menghiasi kartu ucapan. Bakal terlihat unik sekali manakala sidik jari seluruh anggota keluarga Anda menghiasi kartu ucapan natal tahun ini. Dengan sedikit sentuhan, Anda bisa mengkreasikan bentuk sidik jari tersebut menjadi boneka salju, kartun animasi, orang-orangan, rusa kutub, telur hias, bingkisan kado, dan sebagainya.

Kartu dengan Bentuk 3 Dimensi

kartu-ucapan-3d.jpg

Selembar kartu ucapan natal sudah terlihat normal dan biasa-biasa saja? Jika Anda ingin membuat sebuah kartu ucapan yang dapat menimbulkan kesan wow, cobalah membuat kartu dengan bentuk tiga dimensi. Meskipun kelihatannya sangat rumit, proses pembuatan kartu 3 dimensi ini tidak begitu sulit kok. Anda hanya perlu menyiapkan potongan-potongan kertas yang telah dibentuk dengan pola tertentu. Kemudian tempelkan kembali potongan-potongan kertas tersebut sehingga menghasilkan bentuk 3 dimensi yang sesuai keinginan.