Cara Membersihkan Rumah saat Puasa biar Tak Kelelahan

Berpuasa di Bulan Ramadhan itu hukumnya wajib bagi setiap umat muslim. Kecuali bila Anda memang sedang berhalangan seperti haid, nifas, sakit, dan lain-lain. Jangan khawatir, bukan hanya Anda seorang yang merasa begitu lemas saat berpuasa, orang-orang lain pun merasakan perihal yang sama. Yap, sangat wajar bila seseorang yang berpuasa akan merasa lemas karena kita harus menahan untuk tidak makan dan minum mulai dari terbitnya fajar sampai matahari terbenam di ufuk barat. Kalau di Indonesia, waktunya lebih dari 14 jam!

Namun bukan berarti Anda harus bermalas-malasan selama seharian penuh ketika berpuasa. Ini tentu sangat tidak produktif dan justru dapat mengganggu kesehatan diri Anda sendiri. Ada baiknya Anda melakukan kegiatan-kegiatan yang ringan selama berpuasa sehingga waktu dapat cepat berlalu. Membersihkan rumah misalnya. Pekerjaan membersihkan rumah ini sebenarnya bisa terasa ringan asalkan Anda dapat menyiasatinya secara bijaksana. Apalagi Anda dan keluarga sendiri yang akan merasakan manfaat dari rumah yang bersih, kan?

membersihkan-rumah-saat-puasa.jpg

Bagaimana caranya membersihkan rumah saat puasa?

Kiat 1. Ubah Mindset Anda

Untuk membuat suatu pekerjaan terasa lebih mudah, triknya adalah ubah mindset Anda lebih dahulu. Gantilah pemikiran Anda selama ini tentang pekerjaan membersihkan rumah. Anda harus menganggap membersihkan rumah adalah kebutuhan Anda,bukan tugas dan tanggung jawab Anda. Anda sendiri yang membutuhkan rumah yang bersih. Anda tidak bisa tinggal di rumah yang tidak bersih. Karenanya Anda pun perlu membersihkannya.

Kiat 2. Mulai dari Awal

Semakin awal Anda memulai membersihkan rumah, semakin banyak pula waktu luang yang bakal Anda dapatkan di siang harinya. Apabila masih merasa bugar setelah bersantap sahur, Anda bisa langsung memulai aktivitas membersihkan rumah. Mulailah dari pekerjaan yang paling ringan seperti menyapu lantai dan halaman. Setelah puas menikmati segarnya udara pagi, Anda bisa melanjutkan dengan mencuci pakaian.

Kiat. 3. Bekerja dengan Santai

Toh, Anda membersihkan rumah sendiri. Anda bebas mau melakukannya dengan gaya apa saja. Yang penting buatlah suasana saat membersihkan rumah ini terasa menyenangkan. Misalnya Anda bisa sambil mendengarkan lagu favorit, menonton televisi, atau malah chat dengan teman-teman yang lain. Pasti rasanya lebih seru. Dan tanpa sadar Anda sudah selesai membersihkan setiap sudut rumah tinggal.

Kiat 4. Rencanakan Waktunya

Anda harus bisa mengatur waktu untuk membersihkan rumah dengan tepat. Kebanyakan orang saat Bulan Ramadhan akan sangat sibuk pada sore hari karena harus menyiapkan menu berbuka puasa. Jadi tidak ada waktu lagi bagi Anda untuk membersihkan rumah di sore hari. Hendaknya Anda bisa mengatur waktu bekerja dan beristirahat saat pagi hingga siang hari. Rencanakan jadwal kegiatan secara realistis agar Anda merasa enjoy menjalankannya.

Kiat 5. Pekerjaan Ringan Dahulu

Saat berpuasa, ada baiknya Anda mendahulukan pekerjaan-pekerjaan yang ringan pertama kali. Setelah semua tugas yang ringan ini selesai, Anda bisa melanjutkannya dengan pekerjaan yang berat. Contohnya seperti mencabuti rumput di halaman, mencuci pakaian, dan lain-lain. Hal ini dilakukan supaya Anda merasa lebih bersemangat dalam menyelesaikan pekerjaan yang berat sebab pekerjaan-pekerjaan ringan yang cukup banyak sudah rampung dikerjakan.

Kiat 6. Istirahat di Bawah Pohon

Saat berpuasa, Anda memang dilarang untuk makan dan minum. Tetapi Anda diperbolehkan untuk menghirup oksigen sebanyak-banyaknya. Tanpa Anda sadari, oksigen ternyata sangat efektif mengembalikan stamina tubuh kita yang telah banyak berkurang. Apalagi jika oksigen tersebut berasal langsung dari sumbernya. Apabila Anda merasa lelah setelah membersihkan rumah, cobalah beristirahat di bawah rindangnya pohon agar merasa bugar kembali.