Cara Lengkap Menanam Mentimun di Pekarangan Rumah

Untuk pemindahan bibit mentimun dari kotak penyemaian ke lahan penanaman paling baik dikerjakan saat sore hari. Pemindahan dilakukan dengan mengangkat sebidang tanah di mana akar tanaman tersebut menancap. Hati-hati jangan sampai menyebabkan akar rusak sebab tanaman mentimun tergolong rapuh.

Di dalam setiap lubang penanaman, anda dapat memasukkan hingga 3 bibit mentimun. Sekali lagi, lakukan hal ini dengan hati-hati agar struktur tanaman mentimun tersebut tidak rusak.

Tahap III. Perawatan dan Pencegahan Hama Penyakit

Buah mentimun dapat tumbuh lebih maksimal jika dipelihara di tanah yang agak kering. Sebaliknya, media tanam yang terus mengalami kelembaban justru dapat menyebabkan membusuknya bagian tanaman ini. Oleh sebab itu, lakukanlah penyiraman cukup sehari sekali atau sesuai kondisi tanah di pekarangan rumah anda.

Sementara itu, hama yang dapat menyerang tanaman mentimun adalah ulat yang menyerang bagian batang dan daun mentimun. Ada juga serangga oteng-oteng yang memakan daun. Untuk mengatasinya, anda cukup menggunakan beberapa pestisida alami yang pernah kami rekomendasikan.

Sedangkan, penyakit tepung putih dan busuk daun juga akan mengintai kesehatan tanaman mentimun yang anda pelihara. Usahakan setiap anda menemukan salah satu bagian tanaman yang berpenyakit, segera buanglah bagian tersebut di tempat yang aman.

Tahap IV. Pemanenan Buah

Kini tiba saatnya anda merasakan hasil jerih payah selama ini dengan kesegaran mentimun langsung dari tanamannya. Secara garis besar, tanaman mentimun akan berbunga menginjak usia 30 hari. Sedangkan, untuk masa pemanenannya sendiri dapat dilakukan setelah tanaman berusia 50 hari dan seterusnya. Pemanenan bisa dilakukan setiap hari pada buah yang sudah berukuran panjang dan belum terlalu tua. Pemanenan paling bagus dilakukan pada pagi hari dengan menggunting tangkai buah mentimun.