Lifestyle
Jan7

Canggih! Asus ZenFone 2, Phablet 5,5 Inci dengan RAM 4 GB

Asus ZenFone 2 resmi diluncurkan di CES 2015 dan langsung mendapatkan perhatian dunia karena kejutan-kejutan fitur yang dimilikinya. Sepertinya kali ini Asus benar-benar ingin mencengkeramkan cakarnya di bidang ponsel layar lebar berteknologi canggih. Selain karena display berkekuatan 1080 p, kamera 13 MP, dan prosesor super cepat 64-bit, yang lebih memukau, Asus ZenFone 2 juga dilengkapi amunisi berupa RAM sebesar 4 GB.

review-Asus-ZenFone-2.jpg

Desain

Asus ZenFone 2 memiliki rasio screen-to-body mencapai 72 persen dengan dimensi 152.5 x 77.2 x 10.9 mm. Pada bagian belakangnya, terdapat pengatur volume berbentuk kotak yang didesain secara mewah. ZenFone 2 dibungkus dengan casing berbahan brushed metal texture dan dual tone flash yang meningkatkan impresi phablet ini. Melihat model ZenFone 2 ini, anda akan dimanjakan dengan bentuk smartphone yang penuh ilusi dan transfusi.

Layar

Ukuran display pada Asus ZenFone 2 sebesar 5,5 inci dengan flagship-standard resolution setajam 1080 x 1920 piksel. Di mana, ini artinya setiap inci layar ponsel ZenFone 2 mampu menampung sekitar 403 piksel dan melayani kejernihan hingga 400 nits. Tak lupa, Gorilla Glass 3 turut ditanamkan untuk melindungi layar hp canggih ini. Meskipun tidak ada hal yang mengejutkan dengan spek layar kepunyaan Asus ZenFone 2, namun telepon tablet ini mampu bersaing penuh di kelasnya.

Prosesor dan Memori

Sama seperti versi terdahulunya, Asus ZenFone 2 juga dipersenjatai prosesor buatan intel yaitu Intel Atom Z3580 processor dengan empat core yang sanggup mencapai frekuensi hingga 2.33 GHz, dan sebuah PowerVR G6430 GPU dengan dukungan OpenGL 3.0. Prosesor berchip 64-bit ini menawarkan kecepatan dan keefektifan di saat yang bersamaan. Jadi, tidak ada alasan bagi anda pengguna ZenFone 2 mengalami kesulitan untuk menjalankan aplikasi berbasis Android dan game 3D yang berat.

Kejutan terbesar dari Asus ZenFone 2 berada pada memori yang menaunginya yaitu 4 GB, jauh lebih besar dari prediksi yang menyebutkan 2 GB. Ini berarti Asus ZenFone 2 merupakan smartphone pertama di dunia yang memiliki RAM lebih dari 3 GB dengan dukungan prosesor 64-bit. Bahkan, Asus sendiri mengklaim bahwa ZenFone 2 tujuh kali lebih cepat daripada versi ZenFone sebelumnya.

Antarmuka

Software pada ponsel ZenFone 2 dilengkapi dengan interfacec ZenUI yang sudah disesuaikan dengan versi terbaru dari Android yaitu Android 5.0 alias Lollipop. Pada antarmuka ini, Asus menawarkan berbagai sentuhan ke dalam OS termasuk penyesuaian gerakan, satu tombol untuk mengaktifkan mode kids, serta dukungan kustomisasi icon dan tema. Interface ZenUI terbaru juga telah dilengkapi fitur SnapView, ZenMotion, Trend Micro Security, dan ZenUI Instant Updates.

Kamera

Kamera belakang ZenFone 2 sebesar 13 megapiksel dengan 5 element, f/2.0 aperture lens, serta dilengkapi dual-color “Real Tone” LED flash. Pada bagian depannya, terdapat kamera 5 megapiksel selfie snapper dengan angle lensa yang lebar mencapai 85 derajat, dan akan menghasilkan foto selfie paling berkualitas. Asus juga menekankan ponsel pintar terbarunya ini telah disertai software PixelMaster, yang mana terhubung dengan kedua kamera dan akan membantu meningkatkan hasil jepretan anda menjadi lebih jernih dan bebas noise.

Baterai

Tenaga Asus ZenFone 2 bersumber dari baterai berkapasitas 3,000 mAh Li-Po yang didukung teknologi charging secara instan. Dengan teknologi ini, anda bisa mengisi kembali 60% dari total kapasitas baterai hanya dalam waktu 39 menit. Jika diasumsikan antara tenaga baterai dan kebutuhan energi, rata-rata ZenFone 2 mampu menyala dalam waktu dua hari untuk penggunaan normal. Sementara itu, dari segi harga, Asus membanderol ZenFone 2-nya seharga $199, sebuah harga yang luar biasa fantastis untuk smartphone dengan layar 1080p, chipset 64-bit, RAM 4 GB, kamera 13Mp, dan baterai 3.000 mAh.