Budidaya Cabai Merah di Dalam Polybag

Budidaya cabai merah di dalam polybag biasanya dilakukan dalam skala kecil, untuk memanfaatkan pekarangan di sekitar rumah. Karena bentuk tanamannya yang unik, apalagi ketika mulai berbuah, pohon cabai akan tampil mencolok di area taman. Selain itu, langkah ini juga bisa anda manfaatkan untuk memenuhi kebutuhan cabai di rumah.

Biasanya orang yang membudidayakan tumbuhan di polybag akan menerapkan model berkebun dengan sistem vertical garden. Mereka akan menaruh polybag di rak-rak kayu. Dengan begini, lahan yang sempit bisa digunakan untuk menyimpan puluhan polybag sekaligus.

Alat dan Bahan :

  • Cabai merah
  • Polybag
  • Tanah
  • Sekam padi
  • Pupuk kandang
  • Pestisida alami
  • Gunting
  • Sekop
  • Rak kayu/besi

Langkah-langkah :

Tahap I : Pemilihan Cabai Indukan

Langkah awal dari budidaya ini adalah memilih buah cabai yang akan diambil biji-bijinya. Perhatikan, cabai yang baik memiliki bentuk sempurna dan dalam kondisi sehat. Nantinya cabai ini diangin-anginkan selama 5-7 hari agar kadar air di dalamnya berkurang. Lalu, bijinya siap untuk disemai.

Tahap II : Penyemaian Biji Cabai

Pada tahap ini, anda membutuhkan sebuah kotak kayu sebagai tempat penyemaian. Isilah kotak tersebut dengan sekam padi dan pupuk kandang, dengan perbandingan 1:1. Kemudian buat lubang semai seukuran telunjuk jari dan tanamkan biji tersebut dengan jarak 5×5 cm. Letakkan kotak ini di tempat teduh dan siram secara teratur selama 3 minggu.

Tahap III : Media Tanam

Media tanam yang bagus untuk tanaman cabai merah adalah tanah gembur dan sedikit mengandung air. Karena itu, kita perlu mencampurkan tanah dengan sekam padi dan pupuk kandang, memakai perbandingan 1:1:1. Selanjutnya, media tanam yang telah diolah lantas kita masukkan ke dalam polybag.

Tahap IV : Proses Penanaman

Kesulitan utama pada proses ini adalah pemindahan bibit dari tempat penyemaian ke penanaman (polybag). Pastikan, saat melakukannya, tidak ada akar tanaman yang patah. Adapun triknya adalah anda bisa mengangkat tanah perlahan-lahan menggunakan sendok, bukan mencabutnya. Berikutnya, setiap satu polybag ditanami satu bibit cabai merah.

Tahap V : Perawatan Tanaman

Untuk merawat tanaman cabai merah, anda perlu menyiramnya setiap hari sampai tanaman berumur 2 minggu. Setelahnya, polybag cukup disiram sebanyak 3 kali seminggu agar tidak terlalu lembab.

Pada cabang yang tumbuh tidak sempurna/tua, anda bisa membuangnya. Tujuannya agar nutrisi yang diserap tanaman dapat disalurkan optimal ke bagian tanaman yang tumbuh secara normal.

Setiap dua minggu sekali, anda perlu melakukan penyiangan dan pemupukan kembali agar kondisi media tanam terus terjaga. Pupuk yang diberikan pada masa ini adalah NPK sebanyak 5 gram untuk setiap polybag. Jangan lupa, tanaman juga perlu diberikan pestisida alami secara berkala untuk memberantas kutu daun dan lalat buah.

Tahap VI : Masa Panen

Memasuki usia 2 bulan sejak penanaman, pohon cabai merah mulai berbunga. Bunga ini akan berubah menjadi buah setelah 1 minggu kemudian. Sama seperti cabai rawit, pemanenan bisa dilakukan pada buah yang sudah matang berwarna merah dengan frekuensi 3 kali sehari.

Selamat mencoba!