Lifestyle
Nov21

Biar Cepat Laku, Ini Tips Menata Rumah yang Ingin Dijual

Menata rumah yang ingin dijual merupakan salah satu trik agar rumah tersebut cepat laku. Kenapa? Sama seperti menjual benda-benda lainnya, benda yang terlihat menarik tentu akan menyita perhatian banyak orang. Begitupun dengan rumah anda, kondisi yang lebih baik daripada sebelumnya akan menimbulkan suatu ketertarikan yang mendalam pada setiap orang untuk tinggal di dalamnya.

Namun tak sekedar menata rumah begitu saja, perlu langkah-langkah yang efektif agar rumah tampil sempurna dengan buget seminimal mungkin. Berikut panduan caranya :

Mulai dari Bagian Depan Rumah

menata-rumah-dijual.jpg

Pasti anda pernah mendengar ungkapan, jatuh cinta pada pandangan pertama kan? Ternyata jatuh cinta pun bisa terjadi antara rumah yang ingin dijual dengan calon pembelinya. Salah satu cara mewujudkannya, anda bisa menghias kembali bagian depan rumah agar tampak lebih mempesona. Dengan begini, orang-orang yang melintas di depan rumah anda pasti akan langsung terkesan. Nah bisa jadi, di antara orang yang berlalu-lalang tersebut ada calon pembeli yang memang sedang mencari rumah baru.

Anda bisa mulai mendekorasi ulang tampilan rumah bagian depan lewat membandingkannya dengan rumah-rumah tetangga. Pastikanlah rumah anda ini tampak lebih baik ketimbang rumah-rumah di sekelilingnya. Beberapa cara yang dapat anda lakukan di antaranya merapikan kembali taman di depan rumah, memperbaiki pagar, serta mengecat dinding eksterior.

Kesan Rumah yang Bahagia

tips-menata-rumah-dijual.jpg

Calon pembeli tentunya akan mencari tahu lebih dalam bagaimana suasana di rumah anda. Biasanya, mereka akan tertarik jika rumah tersebut terasa menyenangkan dan jauh dari aura-aura negatif. Dari kebiasaan umum ini, anda bisa memanfaatkannya untuk membuat rumah tampak lebih baik dengan menciptakan suasana penuh kebahagiaan di dalam rumah. Perlihatkanlah bahwa anda sekeluarga merasa sangat nyaman dan tenteram selama tinggal di rumah tersebut. Cobalah menghias dinding-dinding ruangan dengan berbagai foto anda sekeluarga dalam momen yang penuh kebahagiaan.

Pastikan Rumah Selalu Rapi

tips-menata-rumah-yang-dijual.jpg

Jika anda masih menempati rumah yang hendak dijual tersebut, usahakanlah kondisi rumah anda selalu dalam keadaan rapi. Hindari membiarkan perabotan tampak berantakan dan menumpuk barang di sudut-sudut ruangan. Sediakanlah lemari yang cukup agar anda mudah merapikan ruangan jika sewaktu-waktu datang calon pembeli yang potensial. Hal ini bertujuan untuk memberikan gambaran bahwa anda merupakan orang yang terorganisir, sehingga calon pembeli akan merasa nyaman bertransaksi dengan anda.

Jagalah Kebersihan Seluruh Ruangan

cara-menata-rumah-dijual.jpg

Selain harus rapi, sebaiknya rumah pun wajib selalu dalam keadaan bersih. Siapa sih orang yang mau membeli rumah yang kotor dan jorok? Kalaupun ada pastinya harga yang diminta akan jauh lebih rendah dari harga yang anda tawarkan. Jangan lupa, pastikan juga anda telah memperbaiki segala kerusakan yang terjadi di rumah. Adanya kerusakan-kerusakan ini dikhawatirkan akan menurunkan harga rumah anda jauh di bawah biaya perbaikan.

Ramah Terhadap Semua Calon Pembeli

biar-rumah-cepat laku.jpg

Meskipun ada banyak trik untuk memanipulasi desain rumah sehingga tampak seperti baru, namun kejujuran anda sebagai penjual rumah sangat dipertaruhkan di sini. Jangan pernah sekali-kali membohongi calon pembeli mengenai kondisi rumah anda yang sebenarnya. Jawablah pertanyaan calon pembeli dengan ramah dan sejelas-jelasnya. Meskipun saat ini calon pembeli tersebut belum tertarik, bukan tidak mungkin mereka akan menyarankan rumah anda kepada kerabat-kerabatnya yang terkadang merupakan pembeli potensial. Jadi, bersikap ramahlah kepada semua calon pembeli yang menghubungi anda.