Lifestyle
Jun15

Begini Cara Menentukan Harga Jual Rumah!

Menentukan harga jual rumah merupakan tahap awal yang harus anda lakukan ketika ingin menjual rumah. Tidak seperti menjual barang-barang lainnya, harga suatu rumah dipengaruhi oleh berbagai macam faktor yang terkadang tampak tidak masuk akal. Oleh sebab itu, anda sebagai penjual harus pintar-pintar memperhatikan semua aspek yang mungkin akan meningkatkan nilai dari rumah yang akan dijual tersebut.

Berikut ini poin-poin yang harus anda perhatikan :

1. Melakukan Survei

Mulailah dengan mencari tahu harga-harga rumah yang pernah dijual di sekitar lingkungan anda. Cara mudahnya adalah dengan mengunjungi website jual beli rumah di mana anda akan menjumpai listing rumah di sekitar anda. Bandingkan kondisi rumah tersebut dengan kondisi rumah milik anda.

harga-jual-rumah.jpg

2. Bagaimana Situasi Pasar di Lokasi Anda?

Lokasi merupakan faktor yang paling menentukan harga suatu rumah. Hal ini dikarenakakan lokasi akan berpengaruh langsung terhadap mobilitas penghuni rumah tersebut. Harga rumah di perkotaan sangat berselisih jauh dengan harga rumah di pelosok desa meskipun ukurannya lebih kecil. Selain itu, perhatikan pula kondisi pasar di tempat anda, apakah sedang tumbuh cepat, stagnan, atau justru sedang sepi-sepinya.

3. Apa Saja Fasilitas yang Dimiliki?

Rumah yang dilengkapi dengan kolam renang tentunya akan berharga lebih mahal daripada rumah biasa. Begitupun dengan fasilitas-fasilitas lainnya. Biasanya, semakin lengkap fasilitas yang dimiliki oleh rumah tersebut maka akan semakin tinggi pula nilai jualnya. Namun di sisi lain, fasilitas juga akan mempengaruhi daya tarik seseorang terhadap rumah yang anda jual.

4. Berapa Ukuran Rumah Anda?

Bagaimanapun, ukuran rumah tentunya akan berpengaruh besar terhadap harga rumah. Semakin luas ukuran suatu rumah, maka akan semakin tinggi pula harga jualnya. Aspek ukuran juga mencakup jumlah lantai, jumlah kamar, dan luas garasi.

5. Bagaimana dengan Usia?

Penentuan faktor usia ini sangat menuntut kejujuran anda sebagai pemilik rumah. Meskipun ada berbagai cara untuk membuatnya tampak baru, namun reputasi anda sebagai penjual benar-benar dipertaruhkan di sini. Tetaplah jujur pada calon pembeli rumah dan buatlah tampilan rumah terlihat semenarik mungkin untuk mengangkat harganya.

6. Sudah Benarkah Harga Tersebut?

Terakhir adalah menimbang kembali harga yang telah anda tentukan. Benarkah harga tersebut masuk akal untuk rumah anda? Terlalu murah atau terlalu mahal? Silahkan baca kembali artikel ini untuk memperoleh saran bagaimana menjual rumah yang efektif.

Semoga sukses!