Lifestyle
Aug8

Beda Kursi Pesawat Kelas Ekonomi, Bisnis, dan First Class

Apa sih bedanya kursi pesawat kelas ekonomi, bisnis, dan first class? Kita biasanya akan ditawari beberapa pilihan jenis kursi saat memesan tiket pesawat. Di antaranya yaitu kelas ekonomi, kelas bisnis, dan kelas pertama (first class). Ada dua faktor pembeda dari masing-masing kelas tersebut yaitu pelayanan dan fasilitas.

First class adalah kelas kursi dengan kualitas yang terbaik. Namun bukan berarti kalau kualitas di kelas ekonomi sangat buruk. Faktanya adalah maskapai penerbangan kini terus melakukan peningkatan mutu pelayanan dan jasanya. Artinya kursi kelas ekonomi tidak seburuk yang Anda kira, melainkan sudah terasa lebih nyaman.

Kami mencoba membandingkan antara kursi pesawat pada kelas ekonomi, kelas bisnis, dengan kelas pertama untuk mengetahui perbedaannya!

  1. Kelas Ekonomi

Kelas ekonomi merupakan tempat duduk yang dibanderol dengan harga paling murah di penerbangan. Meskipun Anda tetap bisa duduk dengan nyaman, sayangnya panjang dan lebar kursi yang akan didapatkan tidak terlalu kecil. Mungkin untuk waktu perjalanan selama 1-3 jam tidak ada masalah ketika Anda duduk di tempat yang sempit.

kursi-pesawat-kelas-ekonomi.jpg

Tetapi kalau lama perjalanannya sudah lebih dari 6 jam, efek buruknya akan sangat terasa. Anda akan cepat merasa lelah dan kaku akibat terlalu lama duduk di posisi yang sama karena sulit bergerak secara leluasa. Faktor-faktor lain yang juga kerap menjadi pembedanya yaitu ada tidaknya stop kontak, hiburan, WiFi, makanan, dan televisi.

  1. Kelas Bisnis

Harga tiket pesawat kelas bisnis tentunya jauh lebih mahal daripada kelas ekonomi karena pelayanan dan fasilitas yang akan Anda dapatkan pun jauh lebih baik. Bahkan karena saking jauhnya perbedaan dari kedua kelas ini muncul ungkapan bahwa Anda yang sudah pernah di duduk di kelas bisnis pasti tidak akan mau duduk lagi di kelas ekonomi.

kursi-pesawat-kelas-bisnis.jpg

Memang betul. Model kursi di penerbangan kelas bisnis memiliki ruangan yang luas dan lega. Kursi tersebut juga dapat diatur sedemikian rupa sehingga berubah menjadi tempat tidur loh. Selain itu, di kelas bisnis ini Anda akan mendapatkan pre-flight drinks dan makanan yang disajikan di peralatan mewah. Anda juga bakal terus dimanjakan selama di perjalanan.

  1. Kelas Pertama

Kelas Pertama (first class) adalah kelas penerbangan yang biasa digunakan oleh para selebritis dan kalangan jetset. Hanya orang-orang super kaya yang sanggup dan rela membeli tiket pesawat kelas pertama karena harganya selangit. Semua fasilitas dan pelayanan di kelas bisnis ada semua di sini serta masih ditambah pula dengan berbagai macam kemewahan yang siap membuat Anda terlena selama dalam perjalanan.

kursi-pesawat-kelas-pertama.jpg

Kursi yang akan disediakan di first class ini tentunya luas dan nyaman sekali. Tidak sedikit maskapai yang sengaja menyediakan kursi dalam bentuk ruangan-ruangan khusus yang dilengkapi kasur sehingga penumpang bisa beristirahat dengan tenang layaknya di hotel. Semua kru yang bertugas di kelas ini juga dipilih yang benar-benar terlatih dan sanggup memberikan pelayanan terbaiknya. Begitu pula dengan standar makanannya yang dijaga sangat tinggi.