Arti Nomor Rumah dan Apartemen Menurut Feng Shui

Apa saja arti nomor rumah menurut feng shui? Nomor seringkali digunakan sebagai dasar untuk menentukan bagaimana kualitas Qi suatu rumah, termasuk apartemen dan tempat usaha. Menurut feng shui, angka 1 s/d 9 mempunyai arti dan mampu memberikan pengaruh bagi kehidupan manusia.

Berapa nomor terbaik untuk rumah?

Menurut feng shui, nomor rumah yang mengandung Qi baik adalah 1, 2, 3, 6, 8 dan 9. Adapun penjelasan dari angka-angka tersebut akan kami uraikan di bawah ini :

  • Angka 1 berarti kelahiran atau permulaan dan selalu menandakan keberuntungan.
  • Angka 2 berarti keseimbangan serta merupakan simbol Yin dan Yang.
  • Angka 3 berarti kreatif, harmonis, dan percaya diri. Angka ini juga dipercaya mengandung suatu energi positif yang kuat.
  • Angka 6 dan 9, merupakan kelipatan dari angka 3, menandakan nasib yang penuh keberuntungan.
  • Angka 9, merupakan angka terakhir, berarti puncak kejayaan dan umur panjang.
  • Angka 8, memiliki bentuk yang mirip dengan angka 3, dipercaya sebagai pembawa keberuntungan dan kemakmuran.

arti-nomor-rumah.jpg

Berapa nomor rumah yang sebaiknya dihindari?

Di dalam feng shui, angka 4 dianggap sebagai simbol kemalangan. Selain itu, bunyi pelafalan angka 4 (four) juga mirip dengan kata kematian dalam bahasa china. Oleh karena itu, angka 4 ini selalu dihindari dalam proses pembangunan arsitektur rumah di China.

Sebagai contoh, ketika membangun sebuah rumah, masyarakat China akan “memotong” sudut-sudut rumah yang berbentuk persegi sehingga berbentuk segi delapan. Tidak hanya itu, dalam suatu gedung bertingkat, masyarakat China juga akan “meniadakan” lantai 4. Biasanya, mereka akan menyebut lantai ini dengan nama lantai 3A, hal yang sama juga berlaku pada kebudayaan barat yang menyebut lantai 12A untuk lantai ke-13.

Berbeda dengan orang-orang di Amerika yang percaya angka 7 sebagai simbol keberuntungan, menurut feng shui, angka ini justru melambangkan nasib sial. Hal ini berkaitan dengan kebudayaan China yang selalu memperingati kematian seseorang setiap 7 hari selama 7 minggu.

Untuk angka 5, angka ini dianggap sebagai angka yang netral. Jadi anda bebas mau membeli rumah tinggal bernomor 5 atau menghindarinya.

Bagaimana cara mengetahui nomor rumah?

Apabila anda memiliki rumah dengan nomor urut yang terdiri dari satu digit, maka anda bisa langsung mengartikannya dengan sangat mudah. Lalu bagaimana jika nomor anda terdiri atas 2-4 digit?

Ada dua cara yang biasa digunakan untuk mengartikan nomor rumah yang terdiri dari digit yang banyak. Cara yang pertama adalah dengan mengartikan masing-masing digit tersebut secara sendiri-sendiri. Sedangkan, cara yang kedua adalah dengan menjumlahkan digit-digit nomor rumah sampai ditemukan digit tunggal yang berupa angka 1 sampai angka 9.

Misalnya, Pak Robert tinggal di rumah bernomor 326. Maka untuk mengetahui makna yang terkandung pada nomor rumahnya, kita bisa mengartikan secara terpisah apa arti angka 3, apa arti angka 2, dan apa arti angka 6 (menggunakan metode pertama). Sedangkan untuk metode kedua, kita dapat menjumlahkan angka 3 ditambah 2 ditambah 6 = 11. Angka 11 belum bisa diartikan karena masih terdiri dari dua digit, oleh karenanya kita akan menjumlahkan lagi angka-angka ini yaitu 1 ditambah 1 = 2. Jadi, angka 2 inilah yang akan memberitahukan apakah rumah milik Pak Robert ini ber-feng shui baik atau tidak.

Untungnya, dari kesembilan angka-angka ini jumlah angka baik lebih banyak daripada angka kurang baik. Angka-angka yang baik di antaranya 1, 2, 3, 6, 8, dan 9. Angka yang netral yaitu 5. Dan angka yang sebaiknya dihindari adalah 4 dan 7.