Lifestyle
Apr20

Apa Perbedaan Ikan Koi Lokal dan Impor?

Jika anda pecinta ikan koi sejati, pastinya pernah mendengar istilah ikan koi lokal dan impor kan? Apa sih maksudnya? Apa pula perbedaan antara kedua jenis ikan koi ini?

Ikan koi lokal adalah istilah untuk menyebut ikan koi yang dibudidayakan oleh masyarakat Indonesia. Ikan jenis ini biasanya sudah merupakan generasi yang kesekian dari ikan yang didatangkan dari luar negeri. Sedangkan, ikan koi impor adalah istilah untuk menunjuk ikan koi yang didatangkan dari luar negeri. Negara yang terkenal akan kualitas ikan koinya yang bagus adalah Jepang.

Apabila dilihat dari kualitasnya, antara ikan koi lokal dan impor bisa dibilang sama-sama bagus. Hal ini bergantung pada kejelian anda dalam memilih ikan koi yang berkualitas. Uniknya, beberapa pedagang di Indonesia menyebut ikan koi lokal yang berkualitas bagus dengan sebutan ikan koi impor.

ikan-koi-betina.jpg

Lalu, apa saja perbedaan dari kedua jenis ikan koi ini? Nah, berikut kami berikan ulasan selengkapnya :

1. Harga

Di pasaran, harga beli ikan koi lokal relatif lebih rendah jika dibandingkan dengan ikan koi impor. Hal ini karena biaya produksi dan distribusi koi lokal lebih sedikit. Sebaliknya, selain biaya produksi dan distribusi, ikan koi impor juga terkena bea cukai yang membuat harganya naik berkali-kali lipat.

2. Warna

Ketika ukuran koi masih di bawah 50 cm, tidak ada perbedaan warna yang mencolok antara koi lokal dan impor. Keduanya sama-sama kuat dan tajam, bahkan tidak jarang koi lokal bisa lebih unggul. Sedangkan ketika ukuran ikan koi sudah lebih dari 50 cm, maka akan terlihat perbedaan dari kualitas keduanya. Warna ikan koi lokal akan semakin memudar, terutama pada warna putihnya. Sementara itu, ikan koi impor masih tetap terlihat cerah.

3. Mata

Perbedaan ketiga terletak pada mata ikan koi. Ikan koi impor mempunyai mata yang tampak seperti timbul keluar dari kepalanya. Ukuran matanya juga sedikit lebih besar daripada koi lokal. Sedangkan, mata ikan koi lokal terlihat wajar sebagaimana jenis ikan-ikan yang lainnya.

4. Bentuk

Jika anda mengamati bentuk tubuh ikan koi, maka koi lokal akan terlihat sedikit membulat. Perut ikan koi agak buncit dengan ukuran ekor yang lebih pendek. Sebaliknya, ikan koi impor terlihat memanjang terutama pada bagian badan sampai ekornya.

5. Mulut

Bagaimana dengan bentuk mulut ikan koi? Adakah perbedaaan dari keduanya? Bisa diamati bahwa koi lokal memiliki bentuk mulut yang menjorok agak ke depan. Berbeda dengan koi impor yang mulutnya menjorok ke bawah.

6. Postur

Faktor postur ini bisa dibilang sangat relatif karena setiap ikan koi tentunya punya postur yang berbeda-beda. Akan tetapi kebanyakan yang ada di pasaran, postur badan ikan koi impor terlihat proporsional karena sudah melalui proses penyeleksian yang begitu ketat. Maklum saja karena di luar negeri, khususnya di Jepang, budidaya ikan koi dikelola oleh perusahaan dan peralatannya lebih modern.

7. Tingkat Pertumbuhan

Jika diperhatikan, tingkat pertumbuhan ikan koi lokal lebih lambat daripada koi impor. Dalam beberapa bulan saja, sudah terlihat ukuran ikan koi bertambah besar dan panjang.

Lalu mana yang lebih bagus antara ikan koi lokal dan impor? Kedua-duanya sama-sama bagus. Penilaiannya tergantung pada tujuan anda dalam memelihara ikan tersebut.

  • Jika anda suka membaca buku-buku bertema ikan koi, maka kami merekomendasikan ikan koi impor sebagai pilihannya. Sebab di buku-buku tersebut akan banyak diklaim bahwa kualitas ikan koi Jepang adalah yang terbaik. Cepat atau lambat, anda pasti akan tergoda oleh pendapat ini.
  • Jika anda ingin mengikuti kontes atau perlombaan ikan koi, maka antara ikan koi lokal dan impor mempunyai kualitas yang sama. Semuanya kembali kepada bagaimana kemampuan anda dalam memilih ikan koi yang bisa diandalkan.
  • Jika anda memelihara ikan koi hanya sebatas sebagai pengisi kolam dan memperindah rumah, maka pilihlah ikan koi lokal. Hal ini tidak lain karena harganya yang jauh lebih rendah dibandingkan dengan koi impor. Sehingga ada kesempatan bagi anda untuk memiliki ikan koi yang lebih banyak.