Lifestyle
Jun5

Apa itu Fengshui?

Apa itu fengshui? Meskipun pertanyaan ini terlihat sederhana, terkadang sulit juga dalam menjawabnya. Fengshui adalah ilmu dan seni kuno yang berasal dari China dan sudah ada sejak 3.000 tahun yang lalu. Ilmu ini berisi tentang pengetahuan bagaimana cara menyeimbangkan energi dari setiap ruangan untuk memberikan efek positif pada kesehatan, rejeki, dan keberuntungan penghuninya.

Feng berarti angin, sedangkan shui berarti air. Kedua unsur inilah yang dipercaya akan berpengaruh langsung pada kesehatan seseorang. Jadi, ketika fengshui suatu rumah dinyatakan baik, maka nasib baik pun akan selalu menyertai penghuninya. Sebaliknya, fengshui buruk akan membawa nasib buruk dan kemalangan.

apa-itu-fengshui.jpg

Fengshui didasarkan pada prinsip Tao dan pemahaman akan lingkungan alam, di mana gagasan tersebut menyatakan bahwa tanah itu hidup dan mengandung Chi (energi).

Sejarah Fengshui

Sejak zaman dahulu, orang China mempercayai bahwa setiap lahan/tanah memiliki suatu energi yang bisa memakmurkan kerajaan atau justru menghancurkannya. Pemahaman akan teori Yin dan Yang serta unsur-unsur fengshui (kayu, air, logam, api, dan tanah) adalah metode dasar yang seringkali dipakai dalam menganalisa fengshui. Adapun metode ini sendiri berasal dari ajaran Taoisme.