Lifestyle
Jun5

Apa itu Fengshui?

Apa itu fengshui? Meskipun pertanyaan ini terlihat sederhana, terkadang sulit juga dalam menjawabnya. Fengshui adalah ilmu dan seni kuno yang berasal dari China dan sudah ada sejak 3.000 tahun yang lalu. Ilmu ini berisi tentang pengetahuan bagaimana cara menyeimbangkan energi dari setiap ruangan untuk memberikan efek positif pada kesehatan, rejeki, dan keberuntungan penghuninya.

Feng berarti angin, sedangkan shui berarti air. Kedua unsur inilah yang dipercaya akan berpengaruh langsung pada kesehatan seseorang. Jadi, ketika fengshui suatu rumah dinyatakan baik, maka nasib baik pun akan selalu menyertai penghuninya. Sebaliknya, fengshui buruk akan membawa nasib buruk dan kemalangan.

Fengshui didasarkan pada prinsip Tao dan pemahaman akan lingkungan alam, di mana gagasan tersebut menyatakan bahwa tanah itu hidup dan mengandung Chi (energi).

apa-itu-fengshui.jpg

Sejarah Fengshui

Sejak zaman dahulu, orang China mempercayai bahwa setiap lahan/tanah memiliki suatu energi yang bisa memakmurkan kerajaan atau justru menghancurkannya. Pemahaman akan teori Yin dan Yang serta unsur-unsur fengshui (kayu, air, logam, api, dan tanah) adalah metode dasar yang seringkali dipakai dalam menganalisa fengshui. Adapun metode ini sendiri berasal dari ajaran Taoisme.

Alat untuk Menganalisa Fengshui

Peralatan yang digunakan dalam menganalisis fengshui adalah kompas dan bagua. Bagua adalah suatu alat berbentuk segi delapan yang berisi peta energi dalam simbol I Ching dan biasa dipakai untuk mengetahui fengshui suatu ruangan. Dengan menggunakan bagua pada rumah anda, anda bisa memahami bagaimana kondisi fengshui di rumah tersebut dan memaksimalkan energi positifnya.

Mengenal Karakteristik Bagua

Bagua (kompas fengshui) biasa disebut juga dengan istilah Luo Pan digunakan untuk mengetahui secara rinci bagaimana kondisi fengshui di suatu bangunan. Luo berarti segala sesuatu, sedangkan Pan berarti mangkuk. Jadi pengertian Luo Pan adalah suatu mangkuk yang berisi tentang semua misteri di alam semesta. Struktur dari bagua berupa penampang segi delapan dengan cincin konsentris di dalamnya yang diatur di sekitar jarum magnet.

Peran Fengshui untuk Kehidupan

Fengshui berguna untuk meningkatkan kualitas hidup anda ke arah yang lebih baik. Hal ini tidak lepas dari manfaat mempelajari fengshui itu sendiri, di mana kita bisa mengetahui suatu elemen tertentu menimbulkan efek tertentu pula. Sebagai contoh, penggunaan akuarium akan membawa kemakmuran karena terbentuk dari dua elemen yaitu logam dan air. Hal yang sama juga berlaku pada pemilihan warna cat dinding, aksesoris ruangan, dan lain-lain. Intinya, dengan fengshui, anda akan menemukan berbagai cara yang dapat anda lakukan guna memperkuat energi positif di rumah.

Penting untuk anda perhatikan bahwasanya fengshui juga perlu disesuaikan dengan kebudayaan yang anda miliki. Hal ini juga berfungsi untuk menyeimbangkan kehidupan anda.

Setelah anda menguasai ilmu dasar fengshui, seiring dengan pengalaman, kemampuan anda dalam mengolah fengshui pun akan semakin kuat. Dan akhirnya, anda akan mengetahui alasannya kenapa fengshui digunakan pada prinsip pembangunan rumah dan gedung di seluruh dunia.