Lifestyle
Jan29

Apa Bedanya Restoran dengan Rumah Makan?

Seperti kita ketahui, restoran dan rumah makan sama-sama merupakan tempat untuk membeli makanan. Walaupun fungsi kedua tempat ini sama, nyatanya ada hal-hal mencolok yang membedakan antara restoran dan rumah makan. Apa sajakah itu?

perbedaan-restoran-dan-rumah-makan.jpg

Standarisasi

Suatu tempat makan bisa disebut sebagai sebuah restoran jika memenuhi standar-standar tertentu. Misalnya pada ukuran ruangan, kualitas makanan, dan kualitas pelayanannya. Bahkan di Perancis yang notabene terkenal dengan makanan khas yang mendunia, label restoran ini sangat sulit didapatkan. Sementara, rumah makan sebatas sebuah tempat makan pada umumnya tanpa terikat standar tertentu.

Sistem Manajemen

Restoran memiliki sistem manajemen yang jelas. Secara singkat, ada aturan-aturan yang mengikat di dalam pengelolaan suatu restoran. Sedangkan rumah makan tidak memiliki aturan-aturan yang baku.

Ukuran

Pada dasarnya, ukuran interior sebuah restoran selalu luas. Bahkan, jarang sekali ditemukan restoran dengan ukuran bangunannya yang sempit. Di sisi lain, kebanyakan rumah makan justru berukuran kecil. Meskipun tidak menutup kemungkinan ada juga rumah makan dengan luas yang melebihi ukuran restoran.

Penyajian Makanan

Perbedaan yang mencolok antara restoran dan rumah makan terletak pada kesiapan menu-menu makanannya. Di rumah makan, seluruh hidangan sudah dimasak sebelumnya. Sehingga ketika ada pembeli datang, pelayan tinggal mengantarkan hidangan sesuai pesanannya. Sebaliknya, menu-menu makanan di restoran masih dalam kondisi mentah atau setengah matang. Ketika pembeli datang, makanan harus diolah terlebih dulu untuk kemudian disajikan.

Konsep Tempat

Jika kita berbicara tentang restoran, pasti akan terbayang suatu tempat makan yang mewah. Memang benar, kebanyakan desain interior di restoran selalu diberi sentuhan kemewahan. Tak heran tampilannya begitu elegan dan glamor. Sedangkan pada rumah makan, pemiliknya lebih banyak yang mengusung konsep sederhana.

Sasaran Market

Restoran adalah tempat makan yang lebih ditujukan untuk kalangan menengah ke atas. Hal ini juga yang mendasari kenapa di sebuah restoran juga terdapat fasilitas-fasilitas tambahan yang eksklusif, seperti free Wi-Fi dan ruangan yang nyaman. Sedangkan target pemasaran rumah makan adalah masyarakat menengah ke bawah.

Biaya PPN

Saat memesan hidangan di sebuah restoran, anda akan dikenai biaya PPN yang besar rata-ratanya adalah 10% dari harga menu. Jadi, jangan heran jika nantinya anda harus membayar biaya yang lebih dari harga seluruh menu yang dipesan. Sementara, ketika anda menyantap hidangan di rumah makan, anda tidak terikat dengan biaya pajak ini.