Lifestyle
Jul2

Aneka Menu Masakan Sahur yang Praktis

Sedang mencari referensi menu masakan sahur yang praktis dan mudah dibuat? Di awal-awal puasa Ramadhan, memasak makanan untuk sahur mungkin masih terasa penuh semangat. Tubuh masih bugar dan ide makanan pun selalu berdatangan. Lama-kelamaan, rasa capek dan mengantuk mulai melanda. Jangankan untuk memasak, sekadar bangun tidur pun berat rasanya.

Nah, jika anda tidak mau repot menyiapkan hidangan sahur, berikut ini referensi menu yang bisa dicoba :

1. Mie Instan

Banyak yang bilang terlalu banyak makan mie instan kurang bagus untuk kesehatan tubuh. Namun, jika hanya sekali-sekali saja tidak ada salahnya dong? Saat ini, mie instan memang masih menjadi makanan terpraktis. Banyaknya varian rasa membuat kita tidak bosan-bosan mencicipinya. Sebagai tips agar sajian mie instan anda lebih sehat, tambahkan lah bermacam-macam sayuran ke dalam mie yang anda buat.

2. Nugget

Nugget merupakan olahan daging giling yang dihidangkan dengan cara digoreng. Karena itu, kandungan protein dan lemak di makanan ini terbilang cukup tinggi. Selain membeli produk nugget siap saji, anda bisa membuatnya sendiri di rumah, lantas menyimpannya di kulkas. Saat waktu sahur tiba, anda cukup menggorengnya saja. Selain praktis, anak-anak pun dijamin akan sangat menyukai sajian ini.

masakan-sahur-praktis.jpg

3. Sayur Bening

Pada dasarnya, sayur bening dibuat dengan cara merebus sayur-mayur kemudian diberi bumbu berupa garam, gula, bawang putih, dan penyedap rasa. Jika dibandingkan dengan sup, pembuatan sayur bening jauh lebih sederhana. Kuahnya yang segar cocok disajikan panas-panas untuk mengusir udara dingin saat sahur tiba.

4. Ayam Goreng

Secara alami, daging ayam memiliki citarasa yang gurih dengan tekstur yang pulen. Karena itu, dibuat hidangan apa saja, rasa daging ayam pasti enak. Dari sekian banyak olahan berbahan daging ayam, yang paling praktis adalah ayam goreng. Anda cukup mengungkep daging sebentar lalu digoreng begitu saja.

5. Tahu dan tempe

Menu masakan praktis lainnya bisa dibuat dari bahan tahu dan tempe. Ada banyak sekali metode untuk memasak kedua bahan berprotein tinggi ini. Mulai dari digoreng, disambal, ditumis, dan sebagainya. Tahu dan tempe paling pas disajikan bersama sayur bening.

6. Pecel

Berbeda dengan masakan tradisional lainnya, pembuatan pecel terbilang sederhana. Anda cukup merebus sayur-sayuran sampai matang, lalu tiriskan sebentar. Selanjutnya, tuangkan sambal kacang di atas sayuran rebus ini. Agar perut tidak melilit, penggunaan cabai sewajarnya saja ya.

7. Telur Dadar

Telur dadar merupakan lauk berbahan dasar telur yang dimasak dengan cara didadar. Agar olahan telur dadar buatan anda lebih sehat, bisa diisi dengan berbagai bahan makanan yang mampu mencukupi gizi seharian.

8. Nasi Goreng

Nasi goreng, siapa sih yang tidak kenal makanan ini? Masakan berbahan dasar nasi ini memang sudah menyebar ke seluruh Indonesia, bahkan dunia. Untuk membuatnya, anda tinggal menggoreng nasi, lalu tambahkan bahan-bahan makanan lain sesuai selera. Goreng hingga semua bumbu tercampur rata. Nasi goreng yang hangat pun siap disantap.

9. Dendeng Sapi

Dendeng sapi adalah olahan makanan yang terbuat dari daging sapi yang dipipihkan. Sama seperti tahu dan tempe, dendeng sapi bisa dibuat menjadi menu makanan apa saja. Paling simple ya cukup digoreng lalu dihindangkan bersama nasi hangat dan saus sambal.

10. Tim Seafood

Seafood atau makanan laut paling enak jika diolah dengan cara ditim/dikukus. Untungnya, proses kukus ini merupakan cara yang paling mudah dilakukan. Begitupun dalam hal bumbu-bumbunya, anda hanya perlu menambahkan garam, bawang putih, dan sedikit jahe. Biarkan rasa asli seafood yang gurih keluar sendiri.