Lifestyle
Jul23

Aneka Cemilan Lebaran yang Unik dan Mudah Dibuat

Butuh ide cemilan lebaran yang unik dan mudah dibuat? Hari Raya Idul Fitri akan tiba sebentar lagi. Sudah menjadi tradisi masyarakat Indonesia untuk bersilaturahmi ke sanak saudara di Hari Kemenangan ini.

Selain mempersiapkan ruang tamu, anda juga perlu memikirkan cemilan-cemilan apa yang akan disajikan untuk tamu-tamu yang berkunjung nanti. Nah, untuk anda yang belum mempunyai ide, cobalah cemilan-cemilan rekomendasi kami berikut ini :

1. Agar-agar Pelangi

cemilan-lebaran-yang-unik-dan-mudah-dibuat.jpg

Selain dikenal gampang dibuat, agar-agar juga mempunyai warna yang menarik. Supaya agar-agar bikinan anda tampak semakin cantik, cobalah memadukan warnanya satu sama lain sehingga menyerupai pelangi.

Kali ini, kami menggunakan agar-agar berwarna merah, kuning, dan hijau sebagai kreasinya. Adapun untuk menciptakan warna oranye dan pink dapat dilakukan dengan mencampurkan dua jenis warna. Supaya warna agar-agar tersusun dengan sempurna, anda perlu memberikan jeda sekitar 15 menit per lapisan. Waktu ini bisa anda percepat dengan merendam loyang di air es. Hindari memasukkan agar-agar ke dalam kulkas, karena suhu yang ekstrim bisa merusak lemari es anda.

2. Kerang Crispy

Ayam goreng crispy atau udang goreng crispy mungkin terdengar biasa bagi anda. Bagaimana dengan kerang goreng crispy? Pada dasarnya, pembuatan kerang crispy mirip dengan pembuatan keripik/rempeyek. Di sini kita akan membentuk kerang-kerang ini menyerupai kacang telur, sehingga ketika dimakan akan membuat kejutan dengan teksturnya yang kenyal.

Bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain daging kerang, tepung beras, minyak goreng, air es, dan bumbu halus. Kerang digoreng hingga berwarna kuning keemasan dan ditiriskan agar renyah. Untuk anda yang tidak suka kerang, bisa diganti dengan cumi-cumi karena teksturnya mirip.

3. Manisan Buah

Mumpung di bulan Juli beberapa buah sudah memasuki masa panen, akan sangat rugi jika kita tidak menyajikan olahan berbahan buah-buahan ini. Salah satu olahan buah yang cukup populer adalah manisan. Manisan terdiri dari 2 macam, yaitu manisan kering dan basah.

Untuk artikel kali ini, kami menggunakan salak sebagai bahan utamanya. Pertama-tama, ambil daging buah salak dan rendam semalaman dengan air garam. Selanjutnya, masaklah air dan gula hingga membentuk karamel. Kemudian, masukkan potongan buah salak tadi, lalu dibolak-balik agar tercampur rata. Gunakan api kecil supaya manisan tersebut tidak gosong.

Manisan ini lantas dimasukkan ke toples dan disimpan di lemari es untuk beberapa saat agar cairan gula meresap ke dalam buah. Cara menyajikannya, anda cukup menggulingkan buah-buah ini di gula pasir agar tampilannya semakin menggoda.

4. Lepet Ketan Isi

Bagi masyarakat jawa, lebaran kurang lengkap jika tidak ada ketupat dan lepet. Lepet adalah makanan berbahan beras ketan dan santan yang dibungkus di daun kelapa muda. Bagi anda yang ingin berkreasi dengan lepet, untuk menciptakan rasa yang lebih menggigit, cobalah dengan memberikan isian.

Lepet isi, pada prinsipnya mirip seperti pembuatan lemper. Beberapa bahan yang cocok menjadi isian lepet ini, di antaranya tahu, udang, kacang tolo, dan daging ayam. Jangan lupa untuk menyediakan saus sambal sebagai pelengkapnya.

5. Ice Cream Sandwich

Berhubung lebaran tahun ini jatuh di musim kemarau yang panas, anda bisa mencoba kudapan yang menyegarkan. Salah satunya adalah ice cream sandwich.

Agar lebih mudah dibuat, es krim yang digunakan sudah dalam bentuk siap saji, sehingga anda cukup mengkreasikannya saja. Masukkan es krim di dalam setangkup roti tawar. Berikan toping untuk menambah citarasanya, seperti saus cokelat, krim vanila, atau kue brownies.