9 Tips Puasa Sehat untuk Penderita Asam Lambung

Penderita asam lambung tentunya harus mempunyai siasat tersendiri dalam menyambut momen puasa di tahun ini. Akan terasa sangat tidak menyenangkan apabila asam lambung Anda naik di saat menunaikan ibadah puasa Ramadhan. Tidak hanya itu, aktivitas sehari-hari selama menjalankan puasa menjadi terganggu akibat tubuh yang merasa tidak nyaman. Pokoknya jangan biarkan asam lambung Anda naik deh.

Ciri-ciri asam lambung naik yaitu timbulnya rasa nyeri di ulu hati. Hal ini membuat Anda merasa sakit tak berkesudahan. Oleh karena itu, naiknya asam lambung selalu menjadi perihal yang sangat dikhawatirkan oleh para penderitanya akan kondisi kesehatannya saat berpuasa. Anda sebenarnya bisa mencegah agar tidak terjadi keadaan yang buruk tersebut dengan mengatur pola makan yang baik, khususnya di waktu sahur dan berbuka puasa.

puasa-penderita-asam-lambung.jpg

Penderita asam lambung dianjurkan untuk mengatur aktivitas fisik dan pola makan selama menjalani ibadah puasa. Waktu puasa yang cukup lama antara sahur sampai buka puasa perlu disikapi secara bijaksana dengan mengatur pikiran dan aktivitas sebaik mungkin. Kalau bisa jangan merasa terlalu cemas apakah asam lambung Anda nantinya bakal naik atau tidak. Sebab perasaan cemas ini justru akan semakin memperburuk keadaan.

Tips-tips rekomendasi Arafuru.com berikut ini akan membantu Anda menjaga kondisi tubuh selama berpuasa!

Tips 1. Berbuka Puasa Secukupnya

Jangan kalap saat berbuka puasa. Hendaknya Anda mengawali waktu buka puasa dengan makan secukupnya saja. Ingat bahwa saat puasa, lambung Anda dalam keadaan kosong dalam waktu yang lama. Sehingga saat berbuka jangan langsung makan terlalu banyak karena akan membuat lambung menjadi kaget. Hal inilah yang membuat asam lambung Anda naik dengan cepatnya. Awalilah momen berbuka dengan minum air putih dan kurma secukupnya sehingga lambung tidak merasa terkejut ketika diisi makanan berat.

Tips 2. Jangan Lewatkan Waktu Sahur

Anda harus makan sahur untuk mencegah naiknya asam lambung pada siang hari. Hendaknya Anda tidak melewatkan sahur ini. Kondisi perut yang kosong seharian penuh dapat memicu kondisi tubuh menjadi parah. Makanan-makanan yang Anda konsumsi ketika sahur menjadi bekal puasa Anda supaya terasa nyaman. Perlu diketahui, sahur yang paling bagus adalah di waktu akhir mendekati imsak.

Tips 3. Menyegerakan Waktu Berbuka

Saat menunaikan ibadah puasa di Indonesia artinya Anda tidak makan dan minum selama lebih dari 14 jam. Praktis kondisi perut Anda akan kosong di sore harinya. Maka dari itu, Anda harus menyegerakan waktu berbuka. Begitu waktu buka puasa tiba, segeralah membatalkan puasa Anda. Minimal dengan minum segelas air putih dan sebutir kurma. Jangan pernah menunda-nunda untuk mengisi perut. Perut Anda perlu mencerna makanan supaya asam lambung yang sudah diproduksi bisa segera dipakai.

Tips 4. Makan secara Perlahan-lahan

Boleh-boleh saja Anda merasa kelaparan ketika puasa, tetapi jangan terlalu bernafsu saat makan hidangan berbuka. Bacalah doa terlebih dahulu, lalu makan hidangan secara perlahan-lahan. Anda perlu mengunyah makanan sehalus mungkin. Jangan terburu-buru atau terlalu lahap saat makan sebab makanan tersebut pasti tidak Anda kunyah dengan benar. Nikmati makanan Anda sehingga rasa sakit akibat asam lambung naik pun dapat dihindari.

Tips 5. Makan Sedikit Tapi Sering

Trik lainnya yang sangat bermanfaat bagi penderita asam lambung ialah Anda sebaiknya makan hidangan dalam jumlah yang sedikit demi sedikit tetapi sering. Walaupun Anda merasa sangat lapar ketika waktu berbuka tiba, tidak disarankan untuk langsung makan banyak. Sebab makan makanan dalam jumlah yang banyak akan memicu naiknya asam lambung di perut. Lebih baik Anda makan hingga 5-6 kali dalam porsi sedikit di sepanjang malam.

Tips 6. Hindari Pemicu Asam Lambung

Ada beberapa makanan dan minuman yang dapat menyebabkan naiknya asam lambung. Misal yaitu minuman soda, cokelat, teh, kopi, jeruk, tomat, bawang, gorengan, makanan pedas, dan makanan berlemak tinggi. Minuman da makanan ini memang rasanya sangat enak. Tetapi berbahaya jika Anda konsumsi selama Bulan Ramadhan. Ada baiknya Anda menahan diri dulu dari makanan/minuman di atas agar tetap sehat.

Tips 7. Jangan Langsung Rebahan/Tidur

Anda biasanya merasa sangat mengantuk setelah mengisi perut. Rasa kantuk tersebut begitu terasa kuat dan tak tertahankan. Hingga akhirnya Anda pun memutuskan untuk berbaring sebentar dan tertidur lelap. Faktanya kebiasaan semacam ini sangat tidak baik loh. Selain bisa menimbulkan rasa malas, asam lambung di dalam tubuh Anda juga dapat naik secara drastis. Untuk amannya, Anda harus menunggu waktu sekitar 3 jam setelah makan kalau mau tidur.

Tips 8. Posisikan Tubuh Lebih Tinggi

Kalau mau tidur setelah makan yang aman, Anda perlu mengatur posisi tubuh saat berbaring. Buatlah anggota tubuh bagian atas Anda, mulai dari dada sampai kepala, lebih tinggi sekitar 15 cm daripada biasanya. Anda bisa memanfaatkan beberapa bantal yang ditumpuk sedemikian rupa. Sehingga posisi tubuh Anda menjadi agak landai. Ini merupakan sikap tidur yang paling aman bagi penderita asam lambung.

Tips 9. Pakailah Celana yang Longgar

Sebaiknya Anda menghindari celana-celana berukuran ketat terlebih dulu selama Bulan Puasa untuk mencegah kambuhnya penyakit asam lambung. Celana yang ketat akan memberikan tekanan pada perut Anda sehingga akan memperparah kondisi penyakit yang Anda derita. Anda akan mengalami heartburn seperti perih pada bagian lambung. Begitu pula saat memakai ikat pinggang sebaiknya Anda tidak memasangnya terlalu ketat.