Lifestyle
Nov7

9 Software Gratis Terbaik untuk Edit Video

Kini aktivitas editing video sudah sangat digandrungi oleh banyak orang seiring dengan semakin populernya kegiatan berbagai video secara online. Untuk menghemat uang, tidak ada salahnya Anda menggunakan software gratis guna keperluan mengedit video tersebut. Tak perlu pesimis sebab software edit video gratis saat ini sudah mempunyai fitur yang sangat mumpuni untuk membuat video berkualitas bagus yang layak untuk ditonton.

Kunci dasarnya ialah terus belajar dan jangan takut untuk melakukan kesalahan. Semakin banyak kesalahan yang telah Anda perbuat, semakin banyak pula pengalaman yang didapatkan. Hal ini akan mendukung keterampilan Anda dalam mengedit video sehingga kualitasnya seperti buatan seorang profesional. Jika Anda sudah berhasil melakukan editing video dengan hasil yang bagus, jangan lupa untuk membagikannya ke kami ya!

Berikut ini sembilan software edit video yang patut Anda coba untuk mempertajam keterampilan!

  1. Windows Movie Maker

Windows Movie Maker adalah software editing video gratis yang dibuat oleh Windows. Sebagai pengguna, Anda bisa membuat video rumahan lalu mengeditnya memakai software ini cukup dengan drag-and-drop. Di dalamnya tersedia banyak fitur yang sangat berguna seperti video effects, video transitions, audio track, adding titles/credits, timeline narrartion, serta auto movie. Anda juga bisa menambahkan fitur effects dan transitions yang baru dengan memodifikasi XML code yang tersedia. Silakan download Windows Live Movie Maker dari situs resmi Microsoft.

  1. VirtualDub

VirtualDub merupakan software gratisan untuk mendukung pekerjaan Anda mengedit video. VirtualDub bisa dikatakan sebagai software yang sangat powerfull karena mempunyai fitur-fitur yang sangat menakjubkan. Beberapa di antaranya yaitu video compression, video splitting, dan penambahan audio tracks. Sebagai software yang gratis, VirtualDub memiliki kemampuan yang sangat baik dalam menangani banyak file sekaligus. Software ini juga dikombinasikan dengan software filter video yang lainnya.

  1. Wax

Anda sedang mencari software edit video yang memiliki kemampuan sangat baik dan tingkat fleksibilitas yang tinggi? Cobalah Wax! Meskipun gratis, Wax sangat cocok digunakan untuk Anda mengedit video rumahan atau profesional. Kabar baiknya adalah software ini bisa digunakan secara mandiri atau dijadikan plugin untuk software lainnya. Sedari awal, Wax sudah mempunyai kemampuan yang mumpuni untuk editing video. Namun bila ingin memperkaya fitur di dalamnya, Anda bisa meningkatkan versinya.

  1. Avidemux

Software berikutnya yang sangat kami rekomendasikan khususnya untuk Anda yang baru belajar mengedit video adalah Avidemux. Ini merupakan software editor video sederhana yang bisa Anda gunakan secara cuma-cuma. Kemampuan yang dimiliki oleh Avidemux antara lain simple cutting, filtering tasks, dan encoding tasks. Avidemux juga mendukung file tipe video yang lumayan banyak meliputi AVI, DVD, MPEG, MP4, ASF, dan masih banyak lagi.

software-edit-video-gratis.jpg

  1. Blender

Ini dia blender yang menjadi software edit video gratis dan open source terutama untuk pekerjaan yang berhubungan dengan 3D content creation. Software ini sudah mendukung banyak sistem operasi populer yang berada di bawah GNU General Public License. Blender mempunyai banyak fitur yang dapat mendukung pekerjaan editing video yang Anda lakukan. Di antaranya modifier-based modeling tools, powerful character animation tools, a node-based material, dan lain-lain. Faktanya sampai saat ini Blender merupakan software edit video gratis terbaik untuk pengguna sistem operasi Windows maupun Macintosh.

  1. DaVinci Resolve

Apabila Anda harus mengedit video yang kualitasnya profesional dengan detail yang begitu rumit, cobalah software yang satu ini. DaVinci Resolve tersedia dalam dua versi yaitu gratisan dan berbayar. Perbedaan keduanya hanya terletak pada tools yang tersemat di dalamnya. DaVinci Resolve yang berbayar dilengkapi dengan multi-camera editing, 3D editing, motion blur effects, dan spatial noise reduction, sedangkan yang versi gratis tidak. Tetapi menurut kami DaVinci Resolve versi gratisan sudah memiliki tools yang cukup banyak.

  1. VSDC Video Editor

VSDC Video Editor mempunyai koleksi fitur yang banyak sekali dan Anda bisa menggunakan semuanya secara gratis. Fitur filters, overlays, transition effects, dan collor correcition abilities-nya lebih baik daripada beberapa software yang lain. Pada dasarnya software ini dipersembahkan untuk pengguna yang masih dalam tahap belajar mengedit video sehingga bagi Anda yang masih awam sangat layak untuk mencobanya.

  1. Lightworks

Berbicara tentang software edit video yang bagus tentu tidak bisa dilepaskan dari Lightworks. Ini merupakan software editing yang sangat handal karena fitur dan efek video yang dimilikinya banyak sekali. Software ini juga mendukung berbagai media file yang bisa ditanganinya. Lightworks sanggup mengedit lebih dari 256 video, audio, dan klip gambar dalam waktu yang bersamaan. Sayangnya tampilan antarmuka yang dimiliki oleh software ini sangat rumit sehingga kerap membingungkan pengguna pemula.

  1. VideoPad Video Editor

VideoPad adalah software video editor yang gampang dipelajari, kaya akan fitur, serta mudah sekali untuk digunakan. Kami yakin para pemula pasti akan langsung tahu bagaimana caranya mengedit video menggunakan software yang satu ini. Anda hanya perlu melakukan drag-and-drop, menuliskan timeline, dan memuat transitions yang diperlukan. Kemudian aturlah effects dan speed adjustment agar pas. Setelah rampung, Anda bisa langsung mengunggah karya Anda tersebut ke berbagai sosial media.