9 Resep Pengharum Ruangan Alami

Pengharum ruangan alami memang relatif lebih aman ketimbang pewangi sintetis buatan pabrik. Bahan-bahan penyusunnya pun mudah didapat sehingga biaya yang dikeluarkan jauh lebih murah. Untungnya, proses pembuatan pewangi ini bisa dikatakan cukup mudah dan memakan waktu sebentar saja.

Berikut ini resep-resep pengharum rumahan yang memiliki aroma khas dan wajib anda coba :

Daun thyme, ekstrak vanila, dan jeruk limau

Resep wewangian pertama terbuat dari campuran daun thyme, jeruk limau, dan ekstrak vanila. Bahan-bahan ini akan menciptakan jenis aroma wangi yang menyenangkan di hidung anda. Jika anda suka dengan aroma yang lebih segar, anda bisa menambahkan beberapa lembar daun mint.

Biji pala, daun salam, dan ranting pinus

Resep wewangian yang kedua terbuat dari ranting pinus, daun salam, dan biji pala. Pertama-tama, parutlah biji pala agar aroma wanginya keluar lebih kuat. Kemudian, campurkan dengan ranting pinus dan daun salam agar aromanya menjadi lebih soft. Hasil dari campuran bahan-bahan ini akan memberikan harum yang cukup kompleks.

Cengkeh, kayu manis, dan jeruk

Jika anda ingin aroma pewangi yang tahan lebih lama, cobalah membuat pengharum dari bahan cengkeh, jeruk, dan kayu manis. Kombinasi dari ketiga bahan ini mampu menghasilkan wewangian yang beraroma menenangkan.

Ekstrak almon, jahe, dan jeruk

Pewangi ruangan selanjutnya bisa anda buat dengan mencampurkan jahe, jeruk, dan ekstrak almon. Adapun jenis aroma yang tercipta dari perpaduan bahan-bahan ini adalah manis. Tingkat kemanisan aroma yang timbul sangat dipengaruhi oleh jenis buah jeruk yang digunakan.

Daun rosemary, ekstrak vanili, dan lemon

Resep pewangi selanjutnya terbuat dari campuran daun rosemary dan lemon. Agar aromanya terasa lebih lembut, anda dapat menambahkan ekstrak vanila ke dalam resep ini. Kesegaran ruangan yang lembut akan langsung terhirup manakala anda menaruh wewangian ini di dalam ruangan.

Mawar, melati, dan sedap malam

Bagi anda yang menyukai aroma dengan tingkat wangi yang kuat, anda bisa mencampurkan bunga sedap malam, bunga mawar, dan bunga melati. Cukup dengan menaruh helaian mahkota di piring, jadilah pengharum ruangan favorit anda. Sayangnya, aroma yang dikeluarkan hanya mampu bertahan dalam kurun 3 hari saja.

Buah lemon dan cengkeh

Pengharum ruangan yang berbentuk unik bisa anda buat dari bahan lemon dan cengkeh. Caranya, cukup dengan menusukkan bunga-bunga cengkeh ke buah lemon. Agar tampil menarik, susunan cengkeh harus dibuat dengan pola tertentu. Aroma kedua bahan ini akan semakin kuat jika digantungkan di dekat kipas angin dan AC.

Daun pandan, cengkeh, dan kayu manis

Kombinasi cengkeh, daun pandan, dan kayu manis akan melahirkan pengharum yang mampu menetralkan aroma ruangan. Agar aromanya tercium kuat, daun pandan sebaiknya dirajang kecil-kecil terlebih dahulu. Anda cukup mengganti daun pandan secara berkala, sedangkan cengkeh dan kayu manis mempunyai ketahanan yang lebih lama.

Perisa Makanan

Perisa makanan, selain mampu memberikan rasa yang kuat terhadap hasil makanan, juga memiliki aroma tertentu yang cukup kuat. Jika anda senang membuat kue, kemungkinan besar anda pasti memiliki perisa kue dari cokelat, stroberi, atau jeruk. Nah, anda bisa menggunakannya dengan mengoleskan perisa tersebut di permukaan lampu. Ketika lampu dinyalakan, suhu lampu yang hangat mampu menyebarkan aroma perisa tersebut ke setiap sudut rumah.