9 Makanan Khas yang Hanya Ada di Bulan Ramadhan

Apa saja makanan khas yang hanya ada di Bulan Ramadhan? Kekayaan kuliner yang dimiliki Indonesia bahkan membuat beberapa makanannya hanya bisa anda jumpai saat Ramadhan saja. Meskipun saat ini anda mungkin bisa menemukan makanan-makanan ini di hari biasa, namun kekhasannya hanya akan ditemukan di Ramadhan. Apa saja?

1. Kue Serabi

Kue serabi merupakan kue tradisional yang terbuat dari adonan tepung beras dan parutan kelapa, lalu dimasak di atas tungku tanah. Meskipun saat ini kue serabi bercita rasa modern terbilang mudah didapatkan. Namun, kue serabi yang khas hanya ada di bulan Ramadhan. Biasanya, kue ini disajikan bersama santan dan air gula merah.

2. Telur Ikan Mimi

Telur ikan mimi merupakan makanan khas Kabupaten Kendal yang hanya dijual saat Ramadhan saja. Ikan mimi yaitu suatu ikan sejenis ikan pari yang memiliki tulang lebih keras. Biasanya, telur ini diolah dengan santan dan bumbu pedas.

makanan-khas-ramadhan.jpg

3. Pakat

Pakat merupakan makanan khas Tapanuli yang terbuat dari batang rotan. Yap, batang rotan yang digunakan adalah batang yang masih muda sehingga teksturnya masih lunak. Batang ini lantas diolah dengan santan sebagai kuahnya. Adapun rasa pakat ini mirip petai agak sepat, namun mampu meningkatkan selera makan.

4. Es Kopyor

Pada umumnya, es kopyor terbuat dari kelapa kopyor (degan), nangka, dan potongan roti tawar, kemudian disajikan bersama kuah santan dan es. Rasanya yang segar menjadikan es ini sebagai salah satu minuman berbuka yang paling difavoritkan. Untuk citarasa yang lebih modern, air santan bisa diganti dengan susu.

5. Gulai Keong

Jika biasanya gulai terbuat dari potongan daging ayam, kambing, atau sapi. Gulai yang satu ini terbuat dari daging keong. Tekstur keong yang kenyal, menjadikan hidangan ini paling enak disantap saat masih panas. Selain itu, daging keong juga dipercaya mampu mengembalikan fungsi hati dan lambung.

6. Kicak

Kicak berasal dari daerah Yogyakarta yang sudah melegenda. Jajanan ini sekilas mirip jadah yang dihidangkan bersama gula pasir dan parutan kelapa. Rasa kicak yang manis gurih dengan tekstur yang khas membuat pencintanya selalu mencari kuliner ini.

7. Kolak

Lezatnya kolak sudah menyebar ke seluruh penjuru Indonesia. Biasanya, isi kolak terdiri dari pisang, labu, dan kolang-kaling yang dihidangkan bersama kuah santan manis. Kolak menjadi menu favorit saat berbuka karena selain rasanya yang segar, isi kolak yang komplit juga sudah cukup untuk menjadi pengganjal perut sementara.

8. Pempek Ikan Parau

Jika biasanya pempek dibuat dari ikan tenggiri, maka di bulan Ramadhan anda bisa menjumpai pempek dari ikan parau. Ikan parau adalah ikan air tawar yang berukuran kecil. Oleh karena itu, seluruh bagian ikan ini, termasuk durinya, juga ikut digunakan sebagai bahan pembuatnya. Hal ini menyebabkan rasa pempek ikan parau lebih gurih dengan tekstur yang agak berbeda daripada pempek biasanya.

9. Buah Timun Suri

Meskipun tanaman timun suri juga berbuah di luar Ramadhan, namun entah mengapa buah ini akan laris manis jika dijual saat puasa. Salah satu kemungkinannya adalah rasa timun suri yang segar cocok digunakan sebagai penghilang dahaga di kala berbuka.