Lifestyle
Aug14

9 Kunci Memilih Sepatu Lari yang Nyaman

memilih-sepatu-lari.jpg

Memilih sepatu lari tidak semudah yang dikira. Salah-salah bisa membahayakan kaki Anda. Tidak mau kan hal ini terjadi?

Oleh sebab itu, kami dari arafuru.com akan memberikan sembilan tips sekaligus untuk Anda :

1. Apakah Anda sedang mengalami cidera

Ketika Anda sedang menderita cidera di kaki, sebaiknya konsultasikan ke dokter mengenai sepatu yang tepat. Masalahnya, jika keliru dan dipaksakan untuk memakainya, maka akan membuat kesembuhan cidera berjalan lama.

2. Pilih sepatu di malam hari

Pada malam hari, ukuran kaki mencapai tingkat maksimalnya. Anda bisa merasakan dengan benar apakah sepatu nantinya akan terasa nyaman saat dipakai. Lebih baik lagi, jika sebelumnya Anda menyempatkan untuk berolahraga barang sebentar.

3. Beli sepatu lari di toko resmi

Cara paling mudah dalam memilih sepatu adalah membelinya di toko yang ternama dan resmi. Toko ini akan menjamin kualitas sepatu yang dijualnya sudah teruji aman. Yah, meskipun biasanya harga sepatu di sini agak mahal sedikit.

4. Berikan kelonggaran pada ujung sepatu sebesar satu jari

Jangan memilih sepatu berukuran pas ataupun kelonggaran. Karena selain akan menimbulkan rasa yang tidak nyaman, ini juga berbahaya bagi tulang-tulang jari Anda. Berikan kelonggaran di ujung sepatu cukup sebatas satu ujung jari agar kaki Anda masih bisa bernafas.

5. Pastikan sepatu dirancang dengan memperhatikan keamanan

Sepatu yang terlihat modis memang keren dan membuat pede saat dipakai. Tapi seyogyanya, pilih rancangan sepatu yang juga memperhatikan keamanan penggunanya. Misalnya, sepatu memiliki gerigi dengan tinggi yang proporsional di bagian alasnya.

6. Pilih sepatu tidak hanya di satu toko

Membandingkan produk, di sinilah kuncinya memilih sepatu yang tepat. Mungkin di toko pertama Anda menemukan sepatu yang sesuai dengan selera. Tetapi sebaiknya, jangan Anda ambil dulu sepatu tersebut. Cobalah berkunjung dulu ke toko di sebelahnya meski lima menit. Dengan cara ini, Anda bisa memilih sepatu yang lebih baik sekaligus meyakinkan diri bahwa sepatu yang dipilih benar-benar ideal untuk Anda.

7. Bagaimana jika sepatu digunakan untuk olahraga lainnya?

Saat ini, desain sepatu atlet terdiri dari berbagai macam bentuk sesuai dengan jenis olahraganya. Sebagai contoh, sepatu futsal memiliki bentuk yang berbeda dengan sepatu golf dan sepatu voli. Jika Anda ingin memiliki sepatu lari yang juga bisa digunakan untuk olahraga lainnya, sebenarnya mudah saja. Anda cukup memilihnya berdasarkan bentuk tumit sepatu karena di sinilah biasanya terdapat perbedaan bentuk sesuai fungsi yang dimilikinya.

8. Cobalah sepatu untuk berlari-lari kecil

Anda masih diperkenankan untuk mencoba sepatu saat hendak membelinya. Gunakan kesempatan ini untuk merasakan sensasi saat menggunakannya. Jangan ragu untuk berlari-lari kecil atau melompat-lompat demi merasakan kenyamanan sepatu tersebut.

9. Beli sepatu di toko yang melayani penukaran sepatu

Terkadang, kenyamanan sepatu saat dipakai di tempat pembelian dan di rumah berbeda. Anda merasa sangat nyaman saat mencobanya di toko karena alasnya berupa lantai berpermukaan rata. Sedangkan saat mencobanya di luar rumah yang penuh dengan gundukan, kulit kaki langsung mengalami lecet. Oleh karena itu, pilih toko yang melayani penukaran agar Anda tidak menyesal dan bisa menukarkan dengan yang lebih baik.